Dokumentasi Penyerahan Sertifikat Iso Oleh Vice President TUV NORD Indonesia Bayu Wicaksana (kiri atas), Launching Program SIP (kanan atas),  Presentasi Keunggulan Program SIP Bersama Kepala Daerah dan DPRD (kiri bawah), Penyerahan Cinderamata kepada pegawai purna tugas PDAM Giri Menang (kanan Bawah)

Raih Sertifikat ISO 9001:2008, PDAM Giri Menang Luncurkan SIP (Sistem Informasi Pelayanan) Berbasis Web.

Awal tahun 2017 dibuka PDAM Giri Menang dengan melaunching inovasi membanggakan. Program Sistem Informasi Pelayanan (SIP) berbasis Web mulai diberlakukan 1 Januari 2017 kemarin. Dirut PDAM Giri Menang H. Lalu ahmad Zaini mengungkapkan melalui program ini salah satunya pelanggan dapat menyampaikan keluhan maupun laporan dengan lebih mudah melalui website.

“di web akan terlihat mana laporan yang sudah ditindaklanjuti dan tuntas, serta mana yang belum selesai ditangani,” katanya.

Zaini menjelaskan kata kunci dalam memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat adalah bagaimana mengelola SDM (sumber daya manusia) dan mengintegrasikan kemampuan SDM dengan sistem informasi teknologi (IT). “sistem ini memastikan semua berjalan dengan baik, tidak perlu ada yang diragukan Karena semua sudah pasti sesuai SOP (standar operasional prosedur),” paparnya.

Pembuatan SIP ini, lanjut Zaini, untuk menunjukkan kepada pelanggan jika pelayanan yang diberikan serba penuh kepastian tanpa mengenal diskriminasi. “siapapun yang melapor, hari itu juga langsung dijawab laporannya. Tidak perlu dua atau tiga kali melapor Karena laporan kedua pasti akan ditolak oleh sistem,” ungkapnya.

Terhadap jangka waktu tindak lanjut laporan , menurut dia, tergantung berat ringannya keluhan pelanggan. Bahkan nantinya, petugas PDAM akan dibekali android agar bisa memberikan laporan sebagai bagian servis ke pelanggan.

Melalui layanan itu, Zaini juga mempersilakan jika ada masyarakat yang menjadi korban pungli yang dilakukan petugas PDAM untuk melapor. “data itu kapan saja bisa dimonitor di web secara terbuka,” imbuhnya.

Selain menerima laporan pelanggan, secara bertahap Zaini ingin memfasilitasi agar publik bisa memberikan penilaian terhadap kinerja seluruh jajaran PDAM melalui sistem tersebut. “kalua melihat kasir PDAM cemberut lapor saja,” tandasnya

Dalam SIP berbasis web, ada sejumlah aplikasi yang disajikan. Pertama, Telemetri. Ini adalah sistem yang dapat memantau tekanan air, debit air, level reservoir dan remote perangkat secara online.

Kemudian adalagi sistem Smallworld yang berfungsi memetakan pelanggan, pipa, dan aset-aset PDAM lainnya. Ada juga aplikasi surat dan arsip. Sistem ini berguna untuk mengarsipkan dan menata semua surat secara digital agar pencarian surat lebih cepat dan akurat.

SIP berbasis web juga menyediakan sistem informasi akuntansi. Ini dibuat untuk memudahkan pelaporan keuangan PDAM. Aplikasi ini memiliki fitur kode perkiraan, jurnal-jurnal mutasi, dan laporan keuangan.

Kinerja pegawai PDAM berdasarkan tugas yang dikerjakan mereka perhari juga diukur. Ini tertuang dalam aplikasi KPI (key Performance indikator). Ada juga aplikasi pasang baru online untuk memudahkan calon pelanggan mendaftar kapan saja dan dimana saja mereka berada.

Dan yang terakhir soal aplikasi pengaduan online. Sistem ini dibuat untuk memudahkan pelanggan maupun non pelanggan agar bisa menyampaikan pengaduan kapan saja dan dimana saja.

Terkait dengan perolehan sertifikat ISO, melalui Ikhtiar dan kerja keras jajaran PDAM Giri Menang menunjukkan hasil manis. Target meraih ISO 9001:2008 yang digadang-gadang setahun lalu pun kini telah digenggam.

Penyerahan sertifikat sistem manajemen  mutu ISO 9001:2008 diserahkan langsung oleh Vice President PT. TUV NORD Indonesia Bayu Wicaksana, Kamis (29/12/2016) kemarin. Momen ini dirangkai dalam acara Refleksi Akhir Tahun PDAM Giri Menang 2016 yang di selenggarakan di Hotel Golden Tulip. Dihadiri Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, Sekda Lobar HM Taufiq, Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi serta Ketua DPRD Lobar Hj Sumiatun.

“sertifikat yang diterima oleh PDAM ini telah berstandar internasional,” kata Bayu dihadapan Wartawan. Bayu menjelskan auditor-auditor bertaraf internasional PT. TUV NORD Indonesia telah melaksanakan audit sertifikasi ISO pada Oktober 2016. Ruang lingkupnya mencakup audit sertifikasi jasa pelayanan air nersih dan air minum dengan predikat memuaskan.

Menurut dia, inti dari ISO adalah continual improvement yang harus dibangun dan disosialisasikan kepada seluruh jajaran pegawai PDAM. Agar mereka selalu menjaga konsistensi pelaksanaan pekerjaan sehari-hari sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Serta selalu siap memperbaiki jika ada ketidak sesuaian.

 GM PT. Ratama Kualitas Hermansyah selaku konsultan PDAM Giri Menang mengungkapkan jika pendampingan yang dilakukan pihaknya sudah dilakukan setahun lalu. Penerapan sistem ini tidak hanya sebatas SOP tapi juga mencakup pengembangan organisasi, dan lain sebagaianya.

“jadi semua bekerja based on system dan tagline pelayanan prima tidak hanya sebatas slogan tapi harus dilaksanakan secara serius,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana yang hadir mengapresiasi kinerja PDAM sepanjang tahun 2016. “sebagai pemilik, sejauh ini kami sangat puas dengan kinerja PDAM,” puji Mohan.

Untuk tahun 2017, mohan berharap PDAM bisa memiliki resolusi. Seiring pemenfaatan IT yang mulai dilakukan tahun depan, diyakini Mohan akan sangat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

 

Sumber : Lombok Post