Suasana pembukaan asesmen staf yang dibuka oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini

Asesmen Staf PDAM Giri Menang

Mataram. 26 April 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang kembali melakukan asesmen kepada pegawainya. Asesmen yang dilakukan kali ini menyasar kepada seluruh staf yang masuk dalam kualifikasi untuk dipromosikan menjadi kepala seksi.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor PDAM Giri Menang tersebut diikuti oleh 40 peserta (staf yang memenuhi kualifikasi) yang terdiri dari seluruh satuan kerja PDAM Giri Menang. Acara dibuka langsung oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini didampingi Direktur Umum, Maman Rahman Danis dan Pimpinan Lentera Hati Foundation Dr. M. A. Muazar Habibi, S. Psi. M. Pd.

Dalam sambutannya zaini berharap kepada semua peserta agar dapat mengikuti seluruh rangkaian acara sampai dengan selesai. Karena sejatinya kegiatan asesmen adalah untuk menilai kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu.

“saya berharap bapak-ibu benar-benar menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Karena satu-satunya alat manajemen untuk menilai potensi bapak ibu adalah dengan cara melakukan asesmen seperti ini.” Ujarnya.

Hasil dari asesmen tersebut nantinya akan dipakai oleh manajemen untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya apakah peserta bisa/layak dipromosikan dalam jabatan kepala seksi atau tidak. Karena setiap pelaksanaan asesmen pasti ada 3 faktor yang dihasilkan. promosi, mutase/rotasi, dan demosi.

Kalau hasilnya bagus dan kinerja selama ini juga bagus bisa jadi akan mendapatkan promosi untuk naik kelas menjadi kepala seksi, sebaliknya jika hasilnya tidak baik dan kinerja selama ini tidak baik juga bisa jadi akan dilakukan mutasi, rotasi atau bahkan demosi.

Kegiatan yang dilakukan selama satu hari penuh tersebut terdiri dari beberapa tes tertulis dan diakhiri dengan wawancara dengan masing-masing peserta.