Rapat pembukaan pemaparan Internal Manajemen Air Minum

Pemaparan Singkat Manajemen Air Minum

Mataram. Kamis 7 September 2017. Dalam rangka memenuhi salah satu dari beberapa persyaratan untuk mengikuti Uji Kelayakan dalam mengisi jabatan di PDAM sebagaimana dituangkan dalam: Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 10/PRT/M/2016 Tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum, maka diwajibkan bagi Direksi atau pimpinan penyelenggara SPAM, dan Tenaga kerja Bagian Teknik maupun Umum agar memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Sebagai upaya awal, Bagian SDM PDAM Giri Menang sebagai fasilitator mengusulkan untuk diadakan Uji Kompetensi untuk Sertifikat Ahli Manajemen Air Minum (MAM) Tingkat Muda, Madya, dan/atau Utama bagi Direksi dan pejabat Struktural.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Teknik PDAM Giri Menang, H. M. Yusuf yang sekaligus membuka acara, serta seluruh jajaran pegawai struktural PDAM Giri Menang.  

Selanjutnya kegiatan pemaparan singkat Mengenai Materi Manajemen Air Minum diisi oleh pemateri internal dari PDAM Giri Menang yang pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh YPTD Pamsi.

Pemateri yang berkesempatan memberikan pemaparan yakni: L. Moh. Yasir mengenai Manajemen Bisnis Air Minum, Budi Heriadi mengenai Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum, Aini Kurniati mengenai Kepemimpinan Dasar, Silvia Susanti mengenai Manajemen Barang dan Dewa Kt. Suarta mengenai Manajemen Keuangan dan Akutansi. Masing-masing pemateri berkesempatan memberikan pemaparan ke forum selama 30 Menit.

Tujuan dari kegiatan tersebut pada dasarnya untuk membuka kesempatan belajar dan mendorong  pegawai untuk saling berbagi pengetahuan (knowledge sharing) di internal PDAM Giri Menang. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai terutama untuk mengemban tugas Jabatan Manajemen, yaitu menguasai minimal 9 (sembilan) unit kompetensi.