Rapat Pemaparan dan Penerapan Good Corporate Governance (GCG)


Suasana rapat pemaparan Good Corporate Governance (GCG) bersama kepala BPKP Perwakilan Prov. NTB di ruang rapat Kantor PDAM Giri Menang

Mataram. Kamis, 12 Oktober 2017, Bertempat di Ruang Rapat Utama PDAM Giri Menang digelar agenda Rapat Pemaparan Penerapan Good Corporate Governance dan pembahasan Pedoman Tata Kelola Perusahaan, Kode Etik Perusahaan, Pedoman Hubungan Direksi/Dewan Pengawas / Pemilik Modal, dan Pedoman Pengawasan Internal.

Hadir dalam acara tersebut Kepala BPKP Perwakilan NTB, Dr. Ayi Riyanto, Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini, Direktur Teknik H.M. Yusuf, Direktur Umum Maman Rahman Danis, Ketua Dewan Pengawas PDAM Giri Menang, H. Effendi Eko Saswito, Wakil Ketua Dewas, H. Hasanain Juaini beserta anggota Dewas lainnya dan Ketua Tim BPKP beserta Anggota Tim BPKP dan seluruh Jajaran Kepala Bagian PDAM Giri Menang.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini memberikan beberapa point yang menjadi titik penekanannya, yakni. Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan merujuk pada hak dan kewajiban masing-masing pihak yang berkepentingan dalam perusahaan dan keharusan setiap unit bisnis memiliki GCG dalam setiap tindakan dan menerapkan prinsip GCG dengan baik pada perusahaan dan mengatur bagaimana hubungan antar perusahaan dengan pemilik Modal, Dewan Pengawas, Jajaran Direksi, dan seluruh karyawan perusahaan agar kelima prinsip dalam GCG terpenuhi.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Dewan Pengawas, Eko Saswito menekankan bahwa setiap konsep atau sistem yang dibangun harus memiliki komitmen yang kuat dan terimplementasikan dengan baik dan diharapkan hubungan yang baik juga dapat diterapkan dengan pelanggan. Terakhir, konsep GCG harus disosialisasikan kepada setiap karyawan PDAM Giri Menang.

Sambutan selanjutnya diberikan oleh Kepala BPKP Prov NTB, Dr. Ayi Riyamto yang sekaligus memaparkan pedoman dan penjelasan mengenai GCG kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab

Setelah diskusi dan tanya jawab berakhir Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini memberikan himbauan agar PDAM Giri Menang melakukan GCG secara utuh guna mewujudkan perusahaan dengan 5 prinsip GCG serta melakukan telaahan dan mengimplementasikannya secara sedikit demi sedikit.