PDAM Giri Menang Selangkah Menuju Good Corporate Governance (GCG)


sesi tanya jawab dengan peserta rapat.

Mataram, beberapa waktu yang lalu Direksi dan beberapa Kepala Bagian (Kabag) PDAM Giri Menang mengikuti acara “Workshop Penerapan Good Corporate Governance (GCG) oleh Penyelenggara SPAM”, bertempat di Hotel Santika Mataram. Kegiatan tersebut di hadiri oleh PDAM Kota Pasuruan, PDAM Kota Denpasar, PDAM Kab. Tabanan, PDAM Kab. Klungkung, PDAM Kab. Buleleng, PDAM Kab. Karang asem, PDAM Giri Menang, PDAM Lombok Timur, PDAM Kab. Lombok Utara, PDAM Kab. Lombok Tengah, PDAM Kab. Dompu. Tujuan utama dari workshop ini adalah tersosialisasinya konsep pedoman GCG yang memang direncanakan untuk dimulai tahun 2014 ini. Dengan di selenggarakannya kegiatan tersebut BPPSPAM berharap penyebarluasan konsep pedoman GCG kepada PDAM di seluruh Indonesia dapat segera terwujud.

Sebenarnya apa itu GCG? Tim GCG Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mendefinisikan GCG dari segi  yang mudah dicerna, sekalipun oleh orang awam, yaitu: "Komitmen, Aturan main, Serta praktik penyelenggaraan bisnis secara sehat dan beretika”.

Lalu, mengapa PDAM Giri Menang perlu menerapkannya? Berdasarkan hasil survey  diketahui bahwa kinerja PDAM di Indonesia secara keseluruhan masih memperihatinkan. Dari data kinerja PDAM tahun 2013 yang dirangkum oleh Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), tercatat 176 PDAM sehat, 104 PDAM kurang sehat, dan 70 PDAM sakit. Masih rendahnya kinerja manajemen PDAM menyebabkan rendahnya kinerja teknis dan berujung pada kinerja keuangan yang rendah pula. Dari sisi manajemen PDAM, masalah yang perlu diperhatikan adalah penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau GCG yang belum di laksanakan oleh hampir seluruh PDAM di Indonesia.

Penerapan GCG  merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada para pelanggan sehingga terwujud efisiensi, kompetisi, pertumbuhan berkelanjutan, pendapatan tinggi, dan nilai perusahaan yang optimum. Oleh karena itu, mulai tahun 2014 ini direksi, dewan pengawas, manajemen, dan staf PDAM Giri Menang berkomitmen untuk menerapkan GCG sebagai tools untuk meningkatkan kinerja pelayanan penyelenggaraan SPAM.