Perjanjian Kerjasama PDAM Giri Menang Dengan Bank Muamalat


Dirut PDAM Giri Menang HL Ahmad Zaini foto bersama Area Manager Jatim Bali Nusra Rustien Hartati Seu

PDAM Giri Menang terus melebarkan kemitraannya dengan beberapa Bank dalam program Payment Point Online Bank (PPOB) atau layanan pembayaran tagihan secara online real time. Setelah beberapa waktu lalu menggandeng Bank NTB dan Bank Mandiri, kemarin, perusahaan air minum itu kembali meneken kerjasama serupa dengan Bank Muamalat.

            Jika ditotal, Bank Muamalat merupakan mitra kedelapan dalam kerjasama pembayaran rekening air PDAM GM. Direktur Utama PDAM GM HL Ahmad Zaini mengatakan, melalui banyaknya mitra yang digandeng, pihaknya ingin menciptakan ruang kompetisi yang baik. Dalam dua bulan terakhir, sudah ada tiga bank yang diajak terlibat dalam kerjasama ini.

            “Selain Bank, kami juga sudah meneken kerjasama serupa dengan PT POS dan beberapa pihak dalam PPOB,” terang Zaini di sela-sela penandatanganan MOU (Memorandum Of Understanding) pembayaran tagihan air antara PDAM GM dengan Bank Muamalat.

            Saat ini, total pelanggan PDAM sebanyak 96 ribu yang tersebar di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Melalui strategi kemitraan yang dirintis sejak dua tahun terakhir, animo pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan air secara online dipantau terus mengalami peningkatan. Jika di awal hanya di kisaran 20%, kini sudah mampu mencapai 40%. Diharapkan kedepan angkanya bias menyentuh 100%.

            “Sehingga jika terus meningkatkan pembayaran melalui PPOB, personil-personil kami yang biasa bertugas melayani pembayaran rekening air bisa dialihkan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pelayanan,” ujarnya.

            Zaini juga berharap  melalui kerjasama ini, masing-masing pihak bisa sama-sama mendapat keuntungan. Termasuk juga berdampak pada kepuasan nasabah atau pelanggan kedua belah pihak. Sementara area Manager Jatim Bali Nusra Bank Muamalat Rustien Hartati mengatakan, melalui kerjasama ini pihaknya berharap bisa meningkatkan based income bagi perusahaan serta pelayanan ke nasabah. Saat ini, total nasabah Bank Muamalat mencapai 25 ribu. “ini merupakan lanjutan dari kerjasama lanjutan Bank Muamalat secara nasional dengan PDAM di berbagai daerah. Seperti PDAM Surabaya dan PAM Palyja,” kata Rustien.