PDAM Giri Menang Gelar Workshop Pendampingan Aplikasi InfoPDAM


Suasana pembukaan Workshop InfoPDAM di ruang rapat Kantor PDAM Giri Menang

Mataram. Sebagai tindak lanjut dari surat pernyataan minat pendampingan aplikasi InfoPDAM, Direktorat pengembangan SPAM akan melakukan serangkaian kegiatan pendampingan yang diawali dengan workshop pendampingan aplikasi InfoPDAM pada tanggal 11-13 Mei 2016 di Jakarta.

Menindaklanjuti hasil workshop pendampingan Info PDAM tersebut, Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum akan melakukan kunjungan lapangan ke PDAM. Kunjungan lapangan ini merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian kegiatan Pendampingan Aplikasi Info PDAM tahun anggaran 2016, yang bertujuan untuk melakukan verifikasi terhadap rencana tindak yang telah disusun pada saat workshop, mengidentifikasi kendala implementasi rencana tindak dilapangan dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Output yang diharapkan adalah bahwa para petugas InfoPDAM mampu melakukan pengisian dan menggunakan aplikasi InfoPDAM.

Kunjungan yang dijadwalkan 5 hari kerja mulai tanggal 25-29 Juli tersebut diselenggarakan di ruang rapat kantor PDAM Giri Menang dan dilaksanakan oleh 2 (dua) Tim dari InfoPDAM dan 1 (satu) orang pendamping dari PT. Cipta Karya.   

Dalam sambutannya, Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini menghimbau untuk  memanfaatkan software yang telah dibuat oleh Direktur Pengembangan Air Minum tentang InfoPDAM yang sangat berarti bagi semua pihak karena bagaimanapun hal tersebut adalah bagian dari upaya untuk menyampaikan akuntabilitas kita kepada publik.

Zaini berharap agar kegiatan seperti ini bisa diikuti dengan baik dan beliau juga menghimbau agar tetap aktif menanyakan hal-hal yang perlu untuk ditanyakan.

“kegiatan seperti ini harus benar-benar diikuti dengan baik dan aktif menanyakan hal-hal yang perlu untuk ditanyakan.” Ujarnya.

Pada sambutannya Zaini juga menegaskan bahwa proses penginputan data sangat penting dilakukan walaupun memaknai sebuah data jauh lebih penting.

“proses penginputan data sangat penting dan terpenting adalah memaknai sebuah data.”

Karna menurut Zaini semua pihak bisa saja akan menilai angka-angka yang tertera pada web dan jangan sampai justru orang-orang luar yang lebih lihai menilai dan menerjemahkan angka-angka yang dimiliki PDAM. Beliau juga berharap kepada staf IT untuk benar-benar dapat mengembangan sistem ini sehingga bisa menjadi inspirasi untuk terus berkarya dan memberikan informasi terbaik kepada publik.

Diakhir sambutannya, Dirut PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini menyampaikan terima kasihnya yang sebesar-besarnya kepada Direktur Tim Sistem Pengembangan Air Minum yang telah memberikan kesempatan untuk PDAM Giri Menang untuk ikut dalam workshop pendampingan aplikasi Info PDAM.

“Mudah-mudahan ini bagian dari ikhtiar kita untuk terus memberikan ruang informasi kepada publik seluas-luasnya.” tutupnya