DIRGAHAYU Kabupaten Lombok Barat Ke-62 Tahun 2020

HUT Kabupaten Lombok Barat Ke-62 Ditengah Covid-19

Hari ini Lombok Barat genap berusia 62 Tahun. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ulang tahun daerah tercinta ini berlangsung ditengah duka global: mewabahnya Covid-19. Wabah ini membuat seluruh sektor daerah terganggu. Anggaran yang semula dirancang untuk menyukseskan agenda-agenda pembangunan, diarahkan ulang untuk penanganan dan pencegahan wabah ini.

Sektor pariwisata yang baru saja bangkit pasca gempa tahun 2018, mendapat tekanan telak. Ditengah suasana ini, semangat membangun daerah harus tetap ada. Optimisme harus tetap tumbuh.

Tema HUT Lombok Barat tahun ini adalah “Ijo, Nol Dedoro”. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Ijo artinya keinginan agar Lombok Barat penuh dengan pepohonan. Hutan-hutan di Lombok Barat bisa menjadi penayangga, bisa menjadi sumber mata air, bisa memberikan sumbangsih yang besar terhadap kesehatan dan kebaikan lingkungan. Sedangkan Nol Dedoro memiliki arti Lombok Barat ini bersih, diupayakan tidak ada sampah dibuang sembarangan. Sekalipun disibukkan dengan Covid-19, namun hal-hal yang prinsip tidak boleh dilupakan.

Pemkab telah melakukan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat untuk mewaspadai ancaman Covid-19 ini. Sejumlah langkah dan kebijakan pendampingan telah dilakukan, diantaranya: Surat Edaran Bupati Lombok Barat pencegahan Covid-19, pembentukan satgas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang kemudian bernama gugus tugas, sidak kesiapsiagaan ke pelabuhan dan rumah sakit, sidak penjaminan harga stabil dengan mendatangi Gudang-gudang penyedia sembako, sosialisasi dan ajakan waspada, pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan, penyemprotan desinfektan ke ponpes-ponpes dan fasilitas-fasilitas umum, sidak ketempat hiburan memastikan mereka tutup, sidak ke hotel dan pusat oleh-oleh memastikan tersedianya hand sanitizer dan alat pengukur suhu tubuh, mengadakan bintek, dan mengkarantina santri yang baru kembali dari luar daerah.

Apa yang telah dilakukan saat ini adalah bentuk ikhtiar dalam mensukseskan pembangunan Kabupaten Lombok Barat dan dalam rangka memutus rantai peredaran Covid-19.

Dirgahayu Kabupaten Lombok Barat Ke-62 Tahun 2020. “Lombok Barat Mantap”

Sumber: Berbagai Sumber