Program Pengembangan IT PDAM Giri Menang


rapat kordinasi dan sosialisasi pengembangan IT PDAM Giri Menang

Mataram. Selasa 23 Agustus. PDAM Giri Menang kembali merapatkan barisan guna meningkatkan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat yang berbasis Web. Program ini dinilai sangat praktis karena pelanggan sangat dimudahkan dengan cukup mengakses Web PDAM Giri Menang tanpa harus datang kekantor untuk memberikan laporan atau mengisi formulir sambungan baru. Selain itu program ini juga sangat mudah dalam penggunaannya sehingga siapapun bisa mengakses aplikasiannya. program tersebut adalah wujud nyata dari komitmen PDAM Giri Menang yang tak pernah henti-hentinya dalam meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat/konsumnen.

Bertempat diruang rapat kantor PDAM Giri Menang, Kepala Bagian IT, Kasie beserta Staffnya menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak kepala bagian terkait untuk mendukung serta mensosialisasikan rencana pengembangan (IT) kemudahan pelayanan berbasis Web tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Hubungan Langganan beserta Kasie, Kabag Distribusi, Kabag Keuangan, Staff Bagian SPI, Kasie Kebocoran dan Pemasangan. Dalam acara tersebut Kasie IT, Rama Waskita menjelaskan dengan mendetail bagaimana sistem kerja aplikasi terebut.

Kedepannya PDAM Giri Menang akan menerapkan pengaduan berbasis online dan pasang baru/sambung baru. Dengan menggunakan sambungan internet pelanggan sudah bisa melakukan penginputan informasi pengaduan kebocoran maupun sambung baru cukup hanya dengan mengaksesnya di Web PDAM Giri Menang dan mengisi formulir.

Untuk sistem kerja aplikasi pengaduan, PDAM Giri Menang menerapkan 3 (tiga) jalur. Yaitu :

  1. Website. Dengan cara kerja membuka Web. PDAM Giri Menang serta membuka laman pengaduan dan menginput sendiri formulir pengaduan kebocoran yang disertakan dengan mengisi nomor Handphone. Ada kewajiban dalam pengisian nomor handphone karena proses penerimaan laporan, pengerjaan hingga penyelesaian pengerjaan akan diinformasikan kembali melalui nomor handphone pelapor. Selain itu, petugas lapangan yang ditugaskan akan dibekali kamera untuk mendokumentasikan pekerjaannya. Dan pekerjaan tidak dinyatakan selesai sampai dengan adanya laporan foto penyelesaian pekerjaan yang akan di upload di WEB pengaduan yang sudah di isi.
  2. Customer Service. Yaitu dengan cara konvensional dimana pelapor datang langsung kekantor untuk menyampaiakan informasi pengaduannya dan berikutnya di follow up oleh petugas CS ke pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti/dikerjakan.
  3. SMS Gateway. cukup dengan memberikan informasi berupa pesan ke nomor (yang sudah tertera) di Sms Gateway dengan format yang sudah ditentukan dan berikutnya data laporan tersebut akan di verifikasi oleh petugas untuk diteruskan ke pihak/petugas terkait untuk segera ditindaklanjuti/dikerjakan.

Untuk sistem kerja aplikasi Pasang Baru/Sambung Baru, PDAM Giri Menang menerapkan 2 (dua) jalur. Yaitu :

  1. Website. Dengan cara membuka Web. PDAM Giri Menang serta membuka laman permohonan pasang baru/sambung baru dan menginput sendiri formulir permohonan sambungan yang disertakan dengan mengisi nomor Handphone (wajib). Setelah input data permohonan diproses, petugas akan memeberikan informasi jika permohonan sambung baru yang diajukan sudah diproses dan diteruskan oleh petugas terkait untuk disurvey kemudian akan diinformasikan kembali ke pemohon untuk biaya pemasangannya (RAB).
  2. Kantor PDAM. Cara ini adalah cara konvensional yang digunakan oleh PDAM Giri Menang yaitu dengan datang kekantor untuk mengisi formulir pemasangan sambung baru, kemudian diteruskan ke petugas terkait untuk di survey lokasi pemasangan dan pemohon akan kembali lagi setelah ada informasi biaya pemasangan (RAB).

Dalam rapat koordinasi dan sosialaisasi rencana pengembangan program IT tersebut, Kasie IT, Rama Waskita juga memberikan informasi mengenai kapan penerapan atau realisasi program tersebut akan dirilis oleh PDAM Giri Menang.

“Perkiraan penerapan program ini sudah bisa diaplikasikan di akhir tahun. Atau selambat-lambatnya awal tahun 2017.” Tutupnya.