SEBAGAI PERCONTOHAN, WTP SEMBUNG MENJADI TUJUAN KUNKER BALAI PRASARANA PERMUKIMAN WILAYAH KALTIM.


Kunjungan Kerja BPPW Kaltim ke WTP Sembung Narmada

PT. Air Minum Giri Menang (PT AMGM) kembali memberikan prestasi yang membanggakan bagi kita semua, terbukti saat kedatangan Kunjungan kerja dari TIM Balai Presarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur ke Water Treatment Plant (WTP) / Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Sembung. Kunjungan yang dilakukan pada Hari Rabu, (17/02) berlangsung cukup atraktif dan komunikatif diantara semuanya. Kunjungan dari TIM BPPW Kalimantan Timur bukan hanya sekedar kunjungan biasa, namun ingin mempelajari semua sistem yang sudah terkelola dengan rapi di WTP Sembung milik PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda).

TIM dari BPPW Kalimantan Timur sangat memanfaatkan momen saat berada di WTP Sembung, terlihat dari seluruh TIM aktif untuk memberikan pertanyaan selama berkeliling di setiap tahapan, mulai dari cara kerja software hingga hardware dalam pengolahan air yang ada di WTP Sembung. Menurut PPK Air Minum 1 BPPW Kalimantan Timur Bapak Iham Sipola, WTP Sembung ini merupakan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai percontohan, “Melakukan studi banding di WTP Sembung milik PT. Air Minum Giri Menang merupakan sebuah kehormatan bagi kami. Kami berharap bisa menimba ilmu semaksimal mungkin agar bisa diterapkan di daerah kami sehingga bisa mengakomodir kebutuhan air bersih untuk wilayah Kota Samarinda dan sekitarnya,” ungkapnya.

WTP Sembung memiliki kapasitas 150L/dt memiliki daya tampung pada bak air sebesar 2.500 Kubik. Dengan jumlah tersebut, sudah sangat mendukung operasional yang memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada pelanggan yang mendapat distribusi air dari WTP Sembung yakni Wilayah Lombok Barat (Labuapi dan sekitarnya) dan sebagian Kota Mataram.

Direktur Utama PT. AMGM L. Ahmad Zaini memberikan arahan sekaligus wejangan kepada TIM BPPW Kalimantan Timur mengenai pengalamannya terkait WTP Sembung. “Dalam membangun WTP nantinya, BPPW Kalimantan Timur harus memperhatikan hal-hal yang riskan dan detail. Perjanjian/kesepakatan-kesepakatan harus diperhatikan antara BPPW Kalimantan Timur dengan supplier/rekanan. Termasuk perjanjian/kesepakatan terkait pemeliharaan itu harus detail dan menjadi konsentrasi kedepannya karena seiring berjalannya waktu, akan menemukan berbagai macam kendala dalam pengoperasian dan peremajaan dari WTP/IPA,” ungkap Zaini meyakinkan.

Melakukan pemeliharaan/peremajaan pada WTP/IPA Sembung ini merupakan konsentari prioritas bagi Perusahaan. Dengan pemeliharaan yang baik pada seluruh pengelolaan air yang dimiliki oleh PT AMGM merupakan sebuah ikhtiar untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pelanggan.(SAW)