SELURUH PEGAWAI PT AMGM MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA


Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama dilakukan di ruang aula kantor pusat PT AMGM.

MATARAM- Direksi, seluruh pegawai, security, cleaning service hingga buruh harian di lingkup PT Air Minum Giri Menang (AMGM) menerima Vaksin Covid-19. Vaksinasi dilakukan oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram yang bertempat di Ruang Aula Kantor Pusat PT AMGM.

Terdiri dari 277 pegawai, security 25 orang, cleaning service 15 orang dan buruh harian 80 orang, sehingga total yang melakukan vaksinasi berjumlah 397 orang. Mengingat jumlah pegawai yang ada cukup banyak,  pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan selama dua hari, yakni hari Selasa dan Rabu (23-24 Maret). Diawali oleh Direksi, kemudian dilanjutkan oleh Manejer, Asisten Manejer, seluruh Staff, Security, Cleaning Service dan Buruh harian, semua sangat antusias dalam melakukan vaksinasi ini.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menyiapkan dosis vaksin untuk 2 tahap dalam menanggulangi pandemi ini. Saat ini, seluruh pegawai PT AMGM mendapatkan vaksinasi yang pertama, dan untuk tahap kedua nantinya akan dijadwalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Vaksinasi bagi seluruh pegawai ini didasarkan pada bahwa PT AMGM memiliki fungsi untuk melayani publik dan menjadi salah satu garda terdepan dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu, vaksinasi Civid-19 ini harus dilakukan.

Proses atau tahapan-tahapan dalam melakukan vaksinasi ini diawali dengan mengisi surat persetujuan tindakan vaksinasi Covid-19, setelah itu pasien calon penerima vaksinasi akan di registrasi yang kemudian akan di screening oleh dokter. Saat proses screening, dokter akan mengecek suhu, tensi dan memberikan beberapa pertanyaan agar dokter bisa memberikan keputusan, apakah pasien tersebut layak, tidak layak atau ditunda vaksinasinya.

Ketika pasien dinyatakan layak, pasien langsung masuk kedalam bilik vaksinasi dan langsung disuntik vaksin Covid-19 oleh petugas Medis. Setalah divaksin, pasien diarahkan ke ruangan observasi kemudian pasien akan di observasi selama 30 menit dan akan mendapatkan penyuluhan dari dokter terkait manfaat dari vaksinasi ini.

Dokter Fatimah, sebagai koordinator dari kegiatan vaksinasi di PT AMGM menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 ini merupakan salah satu cara untuk bisa keluar dari pandemi,

“ ada beberapa manfaat dari vaksinasi ini yang pertama membentuk imunitas tubuh, yang kedua menurunkan angka penularan Covid-19, yang ketiga kita bisa mengurangi komplikasi seandainya setelah di vaksin kita terpapar oleh Covid-19, dan yang keempat adalah harapan besar kita semua untuk membentuk herd imunity (imunitas kelompok) agar bisa melindungi seluruh elemen masyarakat, ”

Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan dapat melindugi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Tak hanya memproteksi diri, vaksinasi juga memberikan perlindungan bagi orang sekitar. (saw)