PDAM Giri Menang Gelar In House Training Internal Audit Quality Management System ISO 9001:2008


suasana pembukaan pelatihan audit internal sistem manajemen mutu ISO 9001:2008

Mataram. Selasa 6 September 2016 bertempat diruang rapat kantor, PDAM Giri Menang kembali menggelar pelatihan untuk meningkatkan kualitas mutu SDM Perusahaan. Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 7 september tersebut diikuti oleh ±50 peserta yang terdiri dari semua kepala bagian, kepala seksi dan beberapa staf terpilih. Kegiatan ini difokuskan dalam pembahasan bagaimana proses audit internal sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.

Audit Internal adalah sebuah kegiatan yang mandiri, sistematis untuk memperoleh bukti obyektif dan menilainya untuk menentukan sejauh mana kriteria audit telah terpenuhi dimana audit internal tersebut bertujuan untuk memeriksa keefektifan implementasi sistem manajemen dan mengidentifikasi peluang perbaikan/peningkatan yang diperlukan oleh perusahaan dan memeriksa efektifitas proses dalam rangka memenuhi persyaratan dan perencanaan manajemen serta memeriksa kesesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen terpadu apakah sistem manajemen memenuhi persyaratan pelanggan dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Acara yang dibuka langsung oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini dan didampingi oleh konsultan dan Direktur Teknik HM. Yusuf tersebut mendapatkan antusias yang baik oleh peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Dalam sambutannya Zaini berharap peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik agar semakin terciptanya SDM yang berkualitas dalam perusahaan dan melahirkan auditor-auditor handal yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa menjadi referensi bagi perusahaan-perusahaan lain.

“saya berharap kegiatan ini bisa diikuti dengan baik, dengan fokus dan pastikan kalian terpilih menjadi auditor handal perusahaan sehingga mampu menjadi referensi bagi perusahaan-perusahaan lain diluar sana, sehingga ketika diaudit oleh pihak eksternal kita sudah terbukti mampu dan layak untuk memiliki sertifikasi iso”

Zaini juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sifatnya mampu mendongkrak SDM perusahaan agar tercipta SDM handal yang mampu dan siap bersaing dan berkompetisi dengan SDM lain.

“saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan agar kita mampu bersaing dengan sdm-sdm lain”

Diakhir sambutannya Zaini juga sedikit membahas terkait sistem kerja berbasis IT yang akan diterapkan oleh PDAM Giri Menang kedepan. Dimana perusahaan akan menerapkan segala sistemnya berbasis IT. Mulai dari pendaftaran sambung baru, pengaduan hingga informasi-informasi seputar perusahaan akan bisa diakses lewat internet.

Zaini juga kembali menekankan agar kita sebaiknya mulai membiasakan diri untuk berinteraksi dengan IT karena kedepan semua sistem akan tersambung otomatis dengan IT yang akan segera diterapkan pada perusahaan. Saat ini adalah era dimana segala sesuatau serba digital yang artinya mau tidak mau kita harus ikut menyesuaikan diri dengan berinteraksi dengan tekologi kalau kita tidak mau ketinggalan.

“serendah apapun kemampuan kita, kita harus bisa berinteraksi dengan IT. Karna sistem kinerja kita kedepan akan berbasis kepada IT”, tutupnya.