Antusias, para pegawai melakukan vaksinasi tahap 2

BERKOMITMEN DENGAN PROKES, PT AMGM TUNTASKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA

MATARAM- Himbauan pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selalu di patuhi dengan baik oleh PT Air Minum Giri Menang. Sebagai instansi yang memberikan pelayanan publik, PT AMGM tetap berkomitmen untuk menjunjung tinggi prokes. Vaksinasi yang merupakan pelengkap dari protokol kesehatan yang harus diterapkan, kembali digelar di Kantor Pusat PT AMGM(20/04).

Bertempat di Ruang Aula, vaksinasi tahap kedua gelombang 2 ini diikuti sebanyak 189 orang. Vaksinasi tahap kedua yang dilakukan PT AMGM dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 2 ini diikuti oleh pegawai yang berdomisili di wilayah Kota Mataram. Sebelumnya untuk pegawai yang berdomisili di Kabupaten Lombok Barat sudah melakukan vaksinasi pada gelombang 1, tanggal 7 April lalu.

Vaksinasi tahap kedua gelombang 2 ini di lakukan oleh tenaga kesehatan pemerintah Kota Mataram. Proses atau tahapan-tahapan nya juga tidak jauh berbeda dari vaksinasi tahap pertama. Diawali dengan mengisi surat persetujuan tindakan vaksinasi Covid-19, setelah itu pasien calon penerima vaksinasi akan di registrasi yang kemudian akan di screening oleh dokter. Saat proses screening, dokter akan mengecek suhu, tensi dan memberikan beberapa pertanyaan agar dokter bisa memberikan keputusan, apakah pasien tersebut layak, tidak layak atau ditunda vaksinasinya.

dr. Agusdian Rodianingsih, salah satu dokter yang bertugas memberikan keterangannya, bahwa vaksin yang diberikan tahap pertama dengan tahap kedua merupakan vaksin yang sama, yaitu Sinovac Vaccine dengan dosis 0,5 ml. Vaksin ini bisa membentuk dan menguatkan imun tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi virus corona.

“ vaksinasi tahap kedua ini memiliki fungsi untuk menguatkan sistem imun yang terbentuk pada saat vaksinasi pertama, yang kemudian membentuk sistem kekebalan yang lebih kuat lagi. Sehingga, kalaupun kedepannya terpapar virus nantinya, pasien yang sudah menyelesaikan seluruh tahapan vaksinasi tidak akan berdampak komplikasi yang parah,  ” ungkap dokter Dian.

Kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus. Sebagai instansi pelayanan publik, PT AMGM menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi.

Dengan diselesaikannya vaksinasi tahap kedua ini, maka ikhtiar PT AMGM untuk mengkedepankan protokol kesehatan demi kepentingan bersama sudah tercapai. Kedepannya, walaupun seluruh pegawai sudah mendapatkan vaksinasi, himbauan untuk tetap disiplin dan menerapkan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi) disetiap waktu dan tempat harus tetap diterapkan. (saw)