REFLEKSI AKHIR TAHUN 2014 PDAM GIRI MENANG


Sambutan sekaligus tausyiah yang disampaikan oleh Dewan Pengawas PDAM Giri Menang, TGH Hasanain Juani

Mataram, Desember adalah penghujung hitungan kalender yang mana kerap kali digunakan untuk merefleksikan apa saja yang sudah dilakukan di 2014 dan sekaligus menjadi saat yang tepat untuk mengevaluasi dan merencanakan dengan baik resolusi untuk tahun berikutnya.

Tidak ketinggalan pada akhir pekan lalu di penghujung Desember 2014, PDAM Giri Menang menggelar acara Refleksi Akhir Tahun dengan tema ”Memasuki tahun 2015 mari kita wujudkan PDAM Giri Menang Terbaik dalam pelayanan prima dan akuntabel”. Ini adalah tema sekaligus komitmen PDAM untuk tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan/konsumen. Acara tersebut sudah menjadi agenda tetap PDAM menjelang pergantian tahun. Selain untuk merefleksi dan mengevaluasi kegiatan apa saja yang sudah dikerjakan pada tahun itu, acara tersebut juga sekaligus untuk mempererat hubungan silaturrahmi keluarga besar pegawai PDAM Giri Menang.

Secara garis besar, perusahaan yang dipimpin oleh Zaini ini dinilai cukup memuaskan. Salah satunya dengan adanya peningkatan pelayanan ke pelanggan dan dianugerahi beberapa prestasi membanggakan. Tentu saja ini juga akibat kinerja jajaran Pegawai yang semakin optimal untuk melayani masyarakat/pelanggan.

Dalam sambutannya, Dewan Pengawas PDAM Giri Menang, TGH Hasanain Juani juga mengatakan “kita bisa lihat dalam hal coverage pelanggan yang saat ini sudah menembus angka 95 ribu pelanggan. Soal penghasilan perusahaan juga semakin meningkat. PDAM sangat optimis pada tahun berikutnya akan semakin meningkat. Namun hal tersebut juga harus didukung dengan adanya penambahan modal dari para pemilik saham, yakni Pemkab. Lombok Barat dan Pemkot. Mataram.

Menurutnya, tantangan kedepan yang akan dihadapi PDAM adalah soal bagaimana mempertahankan keberadaan sumber mata air yang ada di wilayah Lombok Barat. Mengingat jumlah pelanggan yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya yang juga tidak dibarengi dengan penambahan sumber mata air. Kalau semua yang dimiliki PDAM bisa dimaksimalkan ditambah adanya upaya masyarakat untuk ikut menjaga sumber mata air, saya yakin hasilnya juga akan memuaskan.

Jika PDAM kedepan juga memproyeksikan semua pelanggan bisa mendapatkan air bersih, maka cara satu-satunya adalah dengan sama-sama memelihara sumber mata air yang sudah ada termasuk berani melakukan inovasi dalam hal mengeksplorasi sumber mata air. Tentu saja upaya ini akan di back up dengan jasa lingkungan serta dana yang sudah dianggarkan oleh PDAM Giri Menang tiap tahunnya. Tambahnya.