MAPAMNAS ke-XIV, L. AHMAD ZAINI TERPILIH SEBAGAI KETUA UMUM PERSATUAN PERUSAHAAN AIR MINUM SELURUH INDONESIA


Infografis

SOLO- L. Ahmad Zaini terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) masa bakti 2021-2025, melalui Musyawarah Antar-Perusahaan Air Minum Nasional ke-XIV, Solo. Sebelumnya, Zaini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum pada periode pergantian antar waktu (2020-2021).

Kali ini, Zaini yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) menjadi Ketua Umum didamping oleh Kabir Bedi sebagai Wakil Ketua Umum yang saat ini menjabat Direktur Utama pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatra Utara.

“ pertama-tama tentu saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta MAPAMNAS yang telah meberikan mandate kepada kami. Dengan segala ikhtiar kami, semua program unggulan yang sudah kami konsepkan bersama  akan segera kami realisasikan, ” ujar Zaini.

Pemilihan Ketum dan Waketum berjalan secara demokratis, L. Ahmad Zaini  bersaing dengan Sofyan Safar yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tanggerang. Perolehan suara yang diraih oleh Zaini sebanyak 254 suara(62 persen, dari total 409 suara sah), yang kemudian memuluskan jalan Zaini menduduki posisi tertinggi pada asosiasi tukang ledeng diseluruh Indonesia ini.

Bertempat di The Sunan Hotel, kegiatan MAPAMNAS yang berlangsung selama dua hari (8-9 Desember 2021). Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, acara diselenggarakan dengan dua cara yakni secara luring dan daring.

Dalam kesempatannya, Zaini mengungkapkan akan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari seluruh insan yang berada di lingkup BUMD Air Minum seluruh Indonesia. Pesta demokrasi ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan diantara seluruh anggota PERPAMSI.

“ untuk 100 hari pertama, kami akan melakukan konsolidasi ke seluruh sektor yang ada. Karena konsolidasi itu bagian dari pengutan dalam menghadapi permasalahan kedepannya. Tidak lupa juga, dalam waktu dekat kepengurusan yang sekarang akan melakukan pemetaan terkait permasalahan-permasalahan yang ada, ” tegas Zaini

MAPAMNAS adalah pemegang kekuasaan tertinggi dan sah dalam organisasi PERPAMSI. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemilik hak suara yang sudah tercatat sebagai anggota. Sampai saat ini, total anggota yang tercatat sebanyak 422 penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Perinciannya, ada 401 BUMD air minum/PDAM berbentuk Perumda dan Perseroda, 23 badan usaha swasta berbentuk Perseroan Terbatas (PT), dan 23 Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) atau Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD).

Kini, pasangan Zaini-Kabir akan menetapkan langkah-langkah strategis organisasi agar bisa memberikan kontribusi terbaiknya kepada seluruh masyarakata di Indonesia. Pelayanan air minum harus bsa diperhatikan seoptimal mungkin, mengingat air merupakan hajat utama yang harus dipenuhi kebutuhannya.

“tantangan kedepannya adalah setiap masing-masing daerah memiliki karakteristiknya masing-masing. Memang, pelayanan air minum memiliki sifat kedareahan, oleh karena itu dengan adanya PERPAMSI bisa dapat membantu untuk menjembatani permasalahan di daerah dengan pusat, olehkarenanya, singisitas diantara seluruh anggota PERPAMSI merupakan sebuah keniscayaan untuk kebaikan kita bersama,  ”tambah Zaini.