REFLEKSI AKHIR TAHUN 2021, PT AIR MINUM GIRI MENANG TETAP OPTIMIS UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK KEPADA PELANGGAN


Kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan.

MATARAM- Kamis, 30 Desember 2021, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) mengadakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun. Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum yang masuk dalam kategori sehat, perusahaan yang dipimpin oleh L. Ahmad Zaini selaku Direktur Utama selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia. Menelisik perjalanan selama tahun 2021 (Januari - Desember), PTAM Giri Menang menorehkan berbagai macam prestasi membanggakan. Hasil gemilang yang dicapai oleh perusahaan kali ini merupakan ikhtiar tiada henti yang dilakukan oleh Manajemen. Bukan tanggung-tanggung, prestasi yang diraih merupakan penganugerahan bergengsi tingkat nasional yang sangat membanggakan.

Diantaranya adalah peraihan ajang TOP CSR Awards 2021 (April), PTAM Giri Menang mendapatkan Star Four. Perusahaan berada di level sangat baik terkait keselarasan CSR dengan strategi bisnis perusahaan. Dengan inisiatif CSR (Corporate Social Responsibility) yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR baik dimasa pandemic Covid19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Selanjutnya, PTAM Giri Menang dianugerahkan Perak oleh Badan standarisasi Nasional (BSN) pada ajang SNI Awards 2020-2021(November). SNI Award ini merupakan sebuah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Indonesia bagi perusahaan/instansi penerap Standar Nasional Indonesia yang memiliki kinerja baik dan berkelanjutan dalam menjalankan roda organisasinya. Bersaing dengan BUMN dan perusahaan-perusahaan Nasional lainnya, PTAM Giri Menang merupakan perusahaan BUMD Air Minum pertama yang meraih Perak pada ajang ini.

Prestasi membanggakan lainnya adalah penganugerahan PERPAMSI Award 2021(Desember). Ada beberapa BUMD Air Minum yang mendapatkan penghargaan, dari berbagai macam kategori yang ada. Salah satu kategori bergengsi yang diperebutkan disetiap tahunnya adalah kategori “BUMD Air Minum Sehat dengan Efisiensi Operasional Terbaik”. Dengan bangga, PTAM Giri Menang berhasil menyabet anugerah  penghargaan bergengsi pada kategori tersebut.

Ditengah Pandemi, Laba Bersih Meningkat

Untuk tahun 2021, PTAM Giri Menang meraup laba bersih sebesar 35,8 Miliar. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (tahun 2020), perusahaan meraup laba bersih sebanyak 31,7 Miliar. Dalam kesempatannya disela-sela acara Refleksi Akhir Tahun, Dirut memberikan ulasannya terkait peningkatan laba bersih tersebut. Menurutnya, ini merupakan sebuah strategi perusahaan untuk bisa melakukan inovasi-inovasi baru. Setiap program kerja dan upaya efisiensi yang dilakukan secara maksimal menghasilkan hasil yang membanggakan.

“sebenarnya untuk target yang manajemen inginkan adalah 35,5 Miliar, realisasi yang diberikan melampaui target yaknui 35,8 Miliar. Ini patut kami syukuri mengingat seluruh manajemen memberikan dedikasi yang terbaik untuk BUMD yang kita banggakan bersama ini, ” ujar Zaini.

Ditengah pandemi yang masih melanda, PTAM Giri Menang selalu berusaha memberikan pelayanannnya yang terbaik. Dengan tetap mementingkan efisisensi biaya dari kerja-kerja opresional perusahaan, manajemen bisa merealisasikan target, bahkan dapat melalmpauinya kurang lebih sebanyak 300 Juta. Semoga tahun-tahun berikutnya bisa memberikan yang terbaik untuk daerah sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Putra Daerah yang Membanggakan

Pada 9 Desember yang lalu, L. Ahmad Zaini terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) masa bakti 2021-2025 yang didampingi Kabir Bedi sebagai Wakil Ketua Umum yang saat ini menjabat Direktur Utama pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatra Utara. Zaini terpilih sebagai Ketum melalui Musyawarah Antar-Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) ke-XIV di Solo.

Pemilihan Ketum dan Waketum berjalan secara demokratis, L. Ahmad Zaini  bersaing dengan Sofyan Safar yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tanggerang. Perolehan suara yang diraih oleh Zaini sebanyak 254 suara(62 persen, dari total 409 suara sah), yang kemudian memuluskan jalan Zaini menduduki posisi tertinggi pada asosiasi tukang ledeng diseluruh Indonesia ini.

Amanat yang diberikan kepada Zaini sebagai Ketum PERPAMSI ini merupakan sebuah kebanggan bagi Daerah, terkhusus masyarakat NTB. Zaini yang merupakan Putra Daerah memberikan kebanggan tersendiri bagi masyarakat NTB. Memang Zaini bukan putra daerah yang pertama, ada nama-nama lainnya seperti Brigjen. Pol. Farouk Muhammad (Wakil Ketua DPD RI periode 2014-2017) Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019), M. Zainul Majdi (Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia, BUMN) dan masih banyak lagi yang lebih dulu pernah berkiprah. Namun, menjabatnya Zaini sebagai Ketua Umum PERPAMSI kali ini merupakan merupakan kebanggan tersendiri. Zaini adalah satu-satunya Ketum yang berasal dari wilayah Indonesia timur, dimana Ketum sebelum-sebelumnya berasal dari Direktur BUMD Air Minum yang ada di Pulau Jawa.

Rangkaian Kegiatan Refleksi

Dengan mengangkat tema “Semangat Baru, Harapat Baru dan Prestasi Baru”, kegiatan Refleksi tahun ini dilakukan di tempat yang berbeda, yang biasanya dilakukan di ruang Aula, kini dilakukan di area gedung baru. Ini merupakan bentuk rasa syukur Perusahaan atas capaian-capaian yang sudah diraih.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, acara diawali dengan kegiatan lomba kecil-kecilan untuk bisa memeriahkan suasanan. Selanjutnya dirangkai dengan Shalat Dzuhur berjemaah dan diakhiri dengan Pidato Akhir Tahun oleh Direktur Utama, Bapak L. Ahmad Zaini.

Dalam pidatonya Zaini mengatakan bahwa secara pribadi merasakan perjalanan yang sangat berat. Namun secara managerial semua dilakukan secara professional hingga memberikan capaian yang sangat baik.

“ tahun 2021 adalah perjalanan yang sangat memberatkan bagi saya secara pribadi, bahwa tidak semua orang bisa melaluinya, namun berkat keberadaan rekan-rekan semua yang memberikan dukungan, itu semua bisa saya lalui. Itu semua bagian dari kehidupan sehingga saya bisa lebih tegar dan mendewasakan diri secara bersama-sama. Secara corporate, seluruh target-target sudah dicapai dan terealisasi sesuai dengan harapan. Total capaian yang sudah diraih hingga kini adalah 99,6%. Itu semua berkat kerjasama manajemen sehingga kita bisa memberikan yang terbaik kepada seluruh pelanggan setia, ” ungkap Zaini.

Terpilihnya Zaini sebagai Ketua Umum PERPAMSI juga menjadi konsentrasinya dalam menyongsong tahun-tahun berikutnya. Masa jabatan hingga tahun 2025 tersebut merupakan amanat yang harus dilalui dengan penuh rasa tanggungjawab.

“ dengan amanat baru sebagai Ketum PERPAMSI, ini membuat saya harus membagi waktu dengan optimal. Beberapa kegiatan bisa saya selesaikan melalui daring, semua kegiatan di PTAM Giri Menang ataupun di PERPAMSI harus bisa terakomodir sesuai dengan rencana. InsyaAllah akan saya upayakan yang terbaik untuk bisa menjalankan semuanya dengan baik” ujarnya,

Harapan besar untuk menghadapi tahun 2022 diungkapkan juga oleh Zaini. Kebersamaan antara rekan kerja harus dijaga sehingga bisa m,enghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk PTAM Giri Menang.

“ kebersamaan kita adalah sebuah anugrah, ikatan persaudaraan diantara kita tercipta dengan sendirinya di ruang kerja. Mari jaga kekompakan, bahu-membahu untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan pada tahun 2022. Tahun 2022 masih misteri, kita hanya bisa menatap hari esok dengan optimisme. Sesuai dengan tema kita, Harapan Baru, Semangat Baru dan menghasilkan Prestasi Baru” tambah Zaini. (saw)