Audit Sertifikasi ISO 9001:2008 Stage 2


Audit : Auditor dari TUV NORD Indonesia sedang melakukan audit pada jajaran Top Management PDAM Giri Menang

Menindak lanjuti hasil dari audit sertifikasi ISO 9001:2008 stage 1 (tahap pertama) yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Oktober 2016 silam dan mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan ke tahap 2, TUV NORD Indonesia selaku penyedia jasa internasional dibidang sertifikasi dan pemeriksaan kembali menetapkan jadwal untuk melanjutkan audit sertifikasi ISO 9001:2008 stage 2 (tahap kedua) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang pada tanggal 2 - 4 November 2016.

Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 siang hari tersebut bertempat diruang rapat kantor PDAM Giri Menang dan dihadiri oleh jajaran Direksi, Konsultan dan Jajaran Kepala Bagian dan Kepala Seksi.

Dalam sambutannya, Direktur PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini menyampaikan bahwa kehadiran kita semua yang ada didalam ruangan ini adalah dalam rangka mensukseskan Audit Sertifikasi ISO 9001:2008 stage 2 yang sudah dijadwalkan oleh TUV NORD Indonesia. Dan berharap apa yang dikerjakan hari ini dapat dilalui dengan baik. Zaini menyadari proses kegiatan sertifikasi ISO ini banyak menyita waktu tenaga dan pikiran kita sehingga ia berharap agar semua poses ini dapat diikuti dan mampu berjalan dengan baik sampai dengan selesainya acara.

Zaini menambahkan dengan bekal pengalaman yang sudah didapat pada stage 1 , diharapkan hasil penilaian pada stage 2 ini akan memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga tidak boleh lagi ada hal-hal yang sifatnya menjadi temuan seperti yang terjadi pada penilaian sertifikasi satage 1.

Menurut Zaini yang terpenting adalah bagaimana membiasakan diri dengan cara bekerja seperti yang kita lakukan saat ini. Sehingga tahapan-tahapan penilaian saat ini selanjutnya membudaya pada diri kita masing-masing untuk bekerja melaksanakan tugas sehari-hari dengan lebih baik.

Selanjutnya Zaini mengucapkan terima kasihnya kepada TUV NORD Indonesia yang sudah menyusun semua jadwal audit sertifikasi dan kepada Konsultan yang ikut mendampingi dalam proses berjalannya kegiatan ini. “Tentu bahwa dalam sebuah keberhasilan tidak bisa diklaim sebagi sebuah keberhasilan individu tetapi merupakan kolektifitas atau keberhasilan bersama. Apapun hasil yang kita peroleh, semua itu memiliki peran yang sama. Dan yang terpenting adalah bagaimana agar terus bahu membahu untuk mewujudkan harapan kita bersama.” Tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Audit team leader, Poernomo Amiprodjo dari TUV NORD Indonesia sedikit me-review kembali tujuan dari kegiatan audit sertifikasi tersebut, yaitu yang bertujuan untuk memverifikasi sistem yang sudah dibangun di dalam badan Perusahaan PDAM Giri Menang dan memastikan semua sistem tersebut berjalan dengan baik dan lancer di setiap departemennya.

Selain itu Poernomo juga memaparkan jadwal audit stage 2 yang akan dilaksanakan 3 hari kedepan (2,3,4 November). Diantaranya untuk hari pertama akan mengaudit Top Management/Direksi kemudian berlanjut ke Management Representative (MR) dan diakhiri dengan audit Bagian Pelayanan. Selanjutnya pada hari ke dua audit akan lebih di fokuskan dilapangan dan di hari ke tiga akan mengaudit Bagian SDM, IT, Keuangan dan akan langsung di review dan closing.