Infografis

WEBINAR DIRJEN BINA KEUANGAN DAERAH KEMENDAGRI, ZAINI KEMBALI MENJADI NARASUMBER

Daring- Direktur Utama PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) Bapak L. Ahmad Zaini kali ini menjadi narasumber pada kegiatan Webinar Series KEUDA Update yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI. Zaini pada kesempatan tersebut selaku Ketua Umum PERPAMSI membawakan materi terkait “Kerjasama antar Daerah Melalui Kepemilikan Bersama BUMD Air Minum untuk Mempercepat Akses Layanan Air Minum”.

Bersama narsum lainnya yakni Dirjen Bina Keuangan Daerah, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Gubernur Prov. Bengkulu, Walikota Semarang dan Dirut Perumdam Tirta Kerta Raharja. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari seluruh Kabupaten/Kota yang diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian dan seluruh pimpinan BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

Webinar kali ini merupakan kampanye yang dilakukan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah dan PERPAMSI untuk bisa memberikan informasi dan edukasi kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Sebagai penyelenggara dalam hal pendistribusian air bersih kepada seluruh masyarakat, setiap BUMD Air Minum harus bisa terus melakukan inovasi-inovasinya guna memberikan pelayanan terbaik kepada setia pelanggan setia.

Pada kesempatannya, Ketua Umum PERPAMSI L. Ahmad Zaini memberikan materinya kepada seleuruh audiens. Zaini menitik beratkan kepada pemerintah daerah maupun pusat agar tetap bisa memperhatikan BUMD Air minum. Tatakelola manajemen perusahaan dan keterlibatan Pemerintah Daerah maupun Pusat sangat dibutuhkan agar bisa menjadi motivasi untuk perusahaan-perusahaan tukang ledeng. Tidak sedikit perusahaan yang masih dalam kategori kurang sehat. Problematika terkait ketersediaan air baku juga menjadi konsentrasi bersama. PERPAMSI saat ini terus melakukan upaya-upaya terbaik agar bisa meningkatkan grade BUMD Air Minum yang masih belum sehat.

“ keterlibatan Pemerintah Daerah maupun Pusat sangat mempengaruhi kinerja dari BUMD Air Minum. kami (PERPAMSI) tetap melakukan upaya-upaya agar bisa menjembatani kebutuhan temen-temen di daerah. Sinergisitas Pemerintah Daerah untuk bisa mengelola ketersediaan air baku merupakan konsentrasi bersama. BUMD Air Minum harus bisa memenuhi kebutuhan air bakunya agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia” ujar Zaini.

Kegiatan berlangsung atraktif, banyak diskusi dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk bisa memberikan penjelasan yang lebih komprehensif lagi. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang penuh dengan manfaat, khususnya untuk pemerintah daerah dan BUMD Air Minum yang dimiliki. Diharapkan sinergisitas antara Pemerintah Pusat, Daerah dan BUMD Air Minum terus terjalin dengan maksimal sehingga pendistribusian air bersih kepada masyarakat bisa terpenuhi dengan optimal.(saw)