Closing Stage 2 dan Pengumuman Peraihan Sertifikat ISO 9001:2008


suasana closing meeting audit sertifikasi sekaligus pengumuman peraihan Sertifikat ISO 9001:2008

Mataram. 4 November 2016. Bertempat di ruang rapat Kantor PDAM Giri Menang di Mataram, seluruh satuan kerja PDAM Giri Menang beserta jajaran Direksi dan konsultan berkumpul guna mendengarkan pemaparan hasil penilaian audit sertifikasi ISO 9001:2008 yang disampaiakan langsung oleh Team Leader dari PT. TUV NORD Indonesia, Poernomo Amiprodjo.

Kegiatan audit sertifikasi stage 2 yang berlangsung tiga hari, tanggal 2-4 November tersebut pada perjalanannya dinilai sangat baik. Terlebih lagi seluruh jajaran PDAM Giri Menang sangat koperatif dalam mengikuti semua rangkaian proses sertifikasi ISO yang sudah dijadwalkan bersama oleh Top Management dan Manajemen Representatif (MR).

Dalam pemaparan hasil penilaian sertifikasi ISO, Poernomo Amiprodjo memaparkan dengan sangat detail poin demi poin yang dihasilkan selama menjalani proses audit sertifikasi selama tiga hari. Poernomo menilai hasil audit sertifikasi yang dilakukan di PDAM Giri Menang sangat baik Karena tidak ditemukannya Mayor (NC A) dalam hasil penilaian Audit Sertifikasi ISO 9001:2008. 

Selain itu Poernomo juga menilai Komitmen Top Manajemen dan seluruh jajarannya sangat tinggi terhadap implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) cukup kooperatif dan terbuka dalam menerima masikan perbaikan sehingga diyakini bahwa kedepan Sistem Manajemen Mutu bisa diimplementasikan lebih baik lagi. 

Team Leader dari PT. TUV NORD Indonesia Poernomo Amiprodjo mengumumkan dan merekomendasikan bahwa hasil dari Audit Sertifikasi ISO 9001:2008 di PDAM Giri Menang DI TERTIBKAN.  

Diakhir pemaparannya, Poernomo berharap agar temuan-temuan yang sifatnya minor bisa ditindaklanjuti. Karena kalo tidak segera ditindak lanjuti, dikhawatirkan akan terindikasi menjadi temuan dalam proses audit di kemudian hari.

Pada kesempata yang sama Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini juga memberikan sambutan yang dibuka dengan ungkapan rasa bersukurnya karena berhasil menjalani proses panjang Audit Sertifikasi ISO 9001:2008  dengan baik dan sukses.

“Sungguh saya berbahagia pada hari ini. Tetapi kebahagian itu harus saya buat dalam durasi yang pendek. Karena tiap keberhasilan tidak boleh di rayakan terlalu euphoria. Karena kalo kita rayakan dengan penuh euphoria kita sudah lengah dalam menyiapkan langkah-langkah menuju keberhasilan selanjutnya.” Ungkapnya.

Menurut Zaini, apa yang sudah di raih hari ini akan menjadi awal dari sebuah keberhasilan dari proses yang panjang. Dan apapun hasil dari penilaian ini, yang terpenting adalah tujuannya untuk membiasakan seluruh jajaran di PDAM Giri Menang untuk bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan bersama. “Apapun hasil evaluasi penilaian ini, sekali lagi bukan ini tujuannya. Tapi yg terpenting adalah tujuannya membiasakan ibu-ibu bekerja sesuai dengan SOP.” Katanya.

Dalam sambutannya Zaini banyak memberikan motivasi kepada jajarannya untuk jangan pernah berhenti bermimpi untuk menjadi yang terbaik, untuk melakukan yang terbaik dan jangan cepat puas akan segala bentuk keberhasilan yang telah diraih. Zaini juga terus mendorong jajarannya untuk mengasah diri untuk memiliki kemampuan agar mampu bersaing dimanapun dia akan ditempatkan. “begitu selesai ditempat ini, maka akan banyak tempat yang siap menerima anda untuk bergabung.” ungkapnya

Zaini juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua Jajaran Pegawai PDAM Giri Menang yang telah mampu mengikuti berjalannya kegiaatan dengan baik hingga selesai. Walaupun kegiatan tersebut awalnya dinilai sangat berat, belum lagi mendapat tentangan dan lain sebagainya yang mempertanyakan fungsi dan tujuannya diadakan kegiatan tersebut, namun dengan ikhtiar dan kebersamaan akhirnya mampu dijalankan dan juga meraih apa yang menjadi tujuan bersama dalam diadakannya kegiatan tersebut. “tentu ini adalah menjadi keberhasilan kita bersama yang patut untuk kita syukuri. Tetapi sekali lagi masih ada tahapan yang harus kita lalui untuk bekerja agar lebih baik lagi.” Ucapnya.

“Atas nama manajemen, saya mengucapkan terimakasih kepada Auditor dari TUV NORD Indonesia dan tim dari konsultan yang selama ini mendampingi sehingga dapat terwujud bentuk dari ikhtiar kami bersama. Tentu selama berinteraksi baik dengan auditor maupun dari konsultan kalo ada salah kata atau hal-hal yang kurang berkenaan, saya atas nama direksi dan seluruh karyawan memohon maaf yang sebesra-besarnya.” Lanjutnya.

Menurutu Zaini keberhasilan tersebut adalah sudah sesuai dengan yang direncanakan selama ini, ditahun 2016 ini, yaitu menjadi kado akhir tahun. Tentu hal tersebut akhirnya bisa kita raih Karena kekompakan dan kebersamaan. Hal tersebut patut untuk kita syukuri bersama-sama. Menurutnya keberhasilan tersebut tidak ada satupun dari kita yang menonjol, tapi semua kita adalah memiliki andil yang sama dalam keberhasilan ini.

Diakhir sambutannya Zaini menegaskan kepada MR dan tim MR untuk terus mengontrol  sistim tersebut agar bisa berjalan dengan baik dan lebih intens lagi dalam memperhatikan semua proses demi proses agar berjalan dengan lebih baik lagi.

Konsultan dari PT. Ratama Mitra Kualitas, Hermansyah mengucapkan selamat kepada PDAM Giri Menang atas keberhasilannya yang sangat luar biasa. Menurutnya, jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain, PDAM Giri Menang sudah sangat luar biasa dalam melakukan perubahan dalam system manajemen mutu.

Hermansyah juga mengumpamakan Peraihan sertifikat ISO 9001:2008 yang diperoleh PDAM Giri Menang adalah seperti bayi yang baru lahir yang baru saja mendapatkan akte lahir. seperti anak bayi yang baru lahir kemudian bisa duduk, berjalan, berlari hingga akhirnya menentukan tujuan hidupnya mau seperti apa. Begitu juga dengan PDAM. Artinya proses kita masih sangat panjang yang baru saja diakui untuk memiliki sebuah sistem untuk membuktikan kedepannya kita akan menjadi perusahaan seperti apa.