PTAM GIRI MENANG (PERSERODA) MENGGANDENG BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA GUNA TINGKATKAN KEAMANAN IT


Infografis

DEPOK- Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum yang terbesar dI Nusa Tenggara Barat, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) melakukan peningkatan keamanan sistem Informasi dan Teknologi (IT). Dalam hal ini, PTAM Giri Menang (perseroda) bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Tujuan Utama PTAM Giri Menang (Perseroda) melakukan kunjungan atau asesmen ini adalah memastikan semua sistem yang telah dikembangkan oleh tim IT yang dimiliki perusahaan sudah berjalan dengan baik dan optimal, serta menjamin keutuhan sebuah data yang disajikan oleh sebuah sistem.

Bertempat di Ruang Rapat NCC kantor BSSN Depok (07/04), kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh Direktur Keamanan Siber dan Sandi Energi dan Sumber Daya Alam, Ibu Holmi Noviana, S.Si, M.T. yang didampingi oleh Direktur Utama PTAM Giri Menang (Perseroda) L. Ahmad Zaini. Turut hadir juga pada kesempatan ini Manajer Teknologi dan Informasi PTAM Giri Menang (Perseroda) Rama Waskita bersama staf terkait.

Mewakili perusahaan, Zaini mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk keseriusan perusahaan sebagai BUMD Air Minum yang memiliki peran melayani masyarakat di dua Kabupaten/Kota (Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat). Keamanan IT merupakan suatu hal yang wajib untuk di proteksi, karena untuk bisa menjamin pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan setia.

“ kami sebagai BUMD Air Minum tetap melakukan upaya-upaya terbaik guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan. Untuk itu kami bekerjasama dengan BSSN yang kemudian bisa membantu kami dalam hal keamanan Informasi dan Teknologi yang kami terapkan di perusahaan. Semoga kerjasama ini bisa menghasilkan yang terbaik untuk bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan secara menyeluruh, ” ungkap Zaini.

Dikesempatan lainnya, Holmi Noviana dalam sambutannya menerangkan bahwa BUMD Air Minum berada dibawah binaan Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian. Kerjasama yang dijalin ini bisa menjadi suatu langkah pasti untuk bisa meproteksi IT dari PT Air Minum Giri Menang (Perseroda). Untuk bisa terselenggaranya kerjasama ini, diharapkan koordinasi yang dibangun bisa berjalan sesuai dengan harapan.

“ kami ucapkan terimaksih atas kunjungan dari PT Air Minum Giri Menang (Perseroda). Kerjasama ini nanti akan berkaitan langsung dengan Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian. Ini merupakan upaya dari setiap BUMD, BLUD dan bahkan BUMN yang ingin melakukan proteksi terhadap sistem Informasi dan Teknologinya, ” ujar Holmi.

Turut hadir juga pelaksana tugas Direktur Operasi Keamanan Siber, Andi Yusuf. Pada kesempatan tersebut, Andi memaparkan materi terkait tahapan asesmen serta produk-produk yang ada didalam BSSN. Pemaparan berlangsung atraktif, terlihat dari sesi diskusi yang kemudian memperdalam pemahaman audiens terkait materi yang diberikan. Pada dasarnya pelaksanaan Security Assessment merupakan pengujian terhadap keamanan sistem yang diterapkan pada asset milik institusi. (saw)