WTP SEMBUNG MENJADI TEMPAT EDUKASI PENGOLAHAN AIR OLEH MAHASISWA


Infografis

NARMADA- Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) Mataram melakukan kunjungan kuliah lapangan ke salah satu Instalasi pengolahan Air milik PT Air Minum Giri Menang (Perseroda). Water Treatment Plant (WTP) Sembung, Narmada menjadi tujuan dari kunjungan kuliah lapangan yang dipilih oleh STTL Mataram. Sesuai dengan mata kuliah dan kurikulum program Strata – 1 Teknik Lingkungan, rombongan bertujuan untuk menggali informasi terkait informasi sumber air yang mensuplai kebutuhan air bersih pelanggan dan sistem pengolahan air beserta instalasi pendukung.

Mewakili perusahaan, Manajer Distribusi Sabila Rasyad menyambut baik kehadiran rombongan di WTP Sembung. Rombongan yang berjumlah 32 orang ini didampingi oleh dua orang dosen yakni Taufik Abdullah dan Hijriati Sholehah (kepala laboratorium STTL Mataram). Dalam arahannya, Rasyad yang memberikan arahan kepada peserta kunjungan kuliah lapangan  mengatakan bahwa PTAM Giri Menang (Perseroda) merupakan BUMD Air Minum paling maju diwilayah NTB. Bahkan secara nasional, posisi Ptam Giri Menang (Perseroda) setara jika disandingkan dengan BUMD Air Minum di kota-kota besar lainnya.

“kunjungan kuliah lapangan dari mahasiswa STTL Mataram diharapkan bisa menjawab secara langsung terkait sistem pengolahan air, terkhusus sistem pengolahan air yang diterapkan oleh PTAM Giri Menang (Perseroda). Merupakan pilihan yang tepat memilih perusahaan kami sebagai rujukan dalam memberikan edukasi secara langsung. Setelah nantinya berkeliling di setiap tahapan pengolahan, kami berharap para adik-adik mahasiswa dapat menerapkan atau menyelaraskan ilmu yang sudah didapatkan di ruang kelas, ” ungkap Rasyad.

Di tempat terpisah, mewakili STTL Mataram yang juga merupakan ketua rombongan Taufik Abdullah mengungkapkan ucapan terimakasih kepada manajement PTAM Giri Menang (Perseroda). Ini bukan kunjungan yang pertama kalinya yang dilakukan oleh STTL Mataram. Menjadi sebuah rujukan utama kami untuk bisa memberikan edukasi secara langsung, pastinya terkait sistem pengolahan air bersih.

“ PTAM Giri Menang (Perseroda) merupakan perusahaan yang besar. Ini merupakan alasan utama kami dalam memberikan edukasi yang tepat kepada mashasiswa kami. Banyak ilmu yang belum tentu kami dapatkan diruang kelas, oleh karena itu melakukan kuliah lapangan ke BUMD Air Minum terbesar di NTB merupakan solusi yang paling tepat, ” ujar Taufik.

Kunjungan STTL Mataram ke WTP Sembung yang merupakan salah satu sitem pengolahan air milik PTAM Giri Menang (Perseroda) merupakan bentuk kepercayaan institusi pendidikan. Kepercayaan institusi pendidikan ini merupakan bukti bahwa PTAM Giri Menang (Perseroda) menandakan bahwa setiap tahapan yang diterapkan menghasilakan kualitas air bersih yang sesuai dengan standarisasi kesehatan. (saw)