Infografis

PTAM GIRI MENANG (PERSERODA) HADIRI KEGIATAN PENANAMAN POHON OLEH PPATK DAN PT BTN DI LOMBOK BARAT

GUNUNG SARI- Penanaman Pohon Tabebuya sebanyak 5000 bibit deselenggarakan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Tempat penanaman pohon tersebut berlokasi di Perumahan Bell Park 2 dan sekitaran wilayah Desa Kekeri Kabupaten Lombok Barat(03/06).

Pada kesempatan ini Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati mewakili PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) turut hadir dalam acara ini. Dalam rangka dua dekade Gerakan Nasional Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT) Indonesia, panitia mengangkat tema “Indonesia Maju Tanpa Pencurian Uang dan Pendanaan Terorisme Untuk Mewujudkan Sistem Keuangan Yang Kuat, Berintegritas dan Berkelanjutan”. Dari tema tersebut diharapkan bisa memasifkan Gerakan APU PPT yang sudah genap berlangsung selama 20 tahun ini.

Turut hadir dalam acara yang sangat baik ini yakni Gubernur Provinsi Nusa Tenaggara Barat H. Zulkieflimansyah, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Direktur Utama PT BTN Haru Koesmahargyo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bupati Lombok Barat yang diwakilkan oleh H. Akhmad Saikhu, Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB dan seluruh instansi-instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bang Zul (sapaan akrab Gubernur NTB) mengungkapkan apresiasinya terhadap acara ini. Banyak BUMN yang masih kurang peduli terhadap penghijauan kembali ini, PT BTN (Persero) Tbk. yang bekerjasama dengan PPATK membuat semangat baru untuk instansi-instansi lainnya agar bisa memberikan kontribusi dan perhatiannya terhadap penghijauan lahan.

“ ini menjadi contoh untuk kita semua, kepada BUMD dan BUMN yang ada di NTB agar bisa memberikan perhatian khususnya terhadap penanaman pohon. Pemerintah provinsi juga akan memberikan atensinya agar kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan. Tidak hanya diwilayah Lombok Barat, di Kabupaten/Kota lain juga diharapkan bisa terselenggara seperti ini, ”ungkap Bang Zul.

Kegiatan ini bertujuan untuk bisa memberikan semangat yang tinggi kepada seluruh instansi-instansi besar, apakah itu BUMD atau BUMN sekalipun untuk bisa selalu merawat kelestarian pohon. Sebagai BUMD Air Minum, PTAM Giri Menang (Perseroda) sangat mendukung baik penanaman pohon tersebut. Aini mengungkapkan, daerah-daerah sumber air yang dikelola oleh PTAM Giri Menang (Perseroda) mayoritas berada diwilayah Lombok Barat. Sehingga kegiatan seperti ini memberikan dampak yang baik terhadap ketersediaan air di wilayah sumber-sumber.

“ ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Terlebih kepada kami sebagai pengelola air bersih yang dimana wilayah resapan air diwilayah Lombok barat semakin membaik. Seperti arahan Pak Gubernur tadi, diharapkan kegiatan ini semakin masif lagi sehingga bisa memberikan manfaat untuk sesama, ” ujar Aini.(saw)