PENGUMUMAN LOMBA DESA SEHAT PTAM GIRI MENANG (PERSERODA), DESA GEGELANG MENEMPATI POSISI PERTAMA


Infografis

LOMBOK BARAT- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) mengadakan Lomba Desa Sehat Berbasis Sanitasi Layak dan Air Bersih. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PTAM Giri Menang (Perseroda) ke 42, kegiatan Lomba Desa Sehat ini merupakan bentuk sinergisitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat dengan PTAM Giri Menang (Perseroda). Dalam hal mensukseskan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang terus disosialisasikan oleh Pemkab Lobar. Sebagai BUMD terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, PTAM Giri Menang (Perseroda) memiliki perhatian khusus terhadap kesehatan, terlebih dengan seluruh pelanggan setia sehingga kepuasan terhadap pelayanan yang prima bisa tetap terjaga.

Bertempat di Hotel Aruna Senggigi (15/06) Tim Penilaian yang diketuai oleh Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati mengadakan Tasyakuran dan Penyerahan Hadiah Lomba Desa Sehat. Diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kecamatan di Lombok Barat, perwakilan tersebut merupakan desa-desa pilihan yang memiliki potensi terbaik dalam penyelenggaraan Air Bersih. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, PTAM Giri Menang  melakukan penilaian baik secara administrasi (pemeriksaan dokumen) dan secara faktual  di lapangan. Tahapan-tahapan yang dilalui dilakukan dengan independent dan secara obyektif.

Pada kesempatan ini, hadir secara langsung Bupati Kab. Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua DPRD Kab. Lombok Barat, Asisten III Kota Mataram (mewakili Walikota) Hj. Baiq Evi Ganevia, Para Camat Sekabupaten Lombok Barat dan Kepala Dasa yang mewakili sebagai para peserta Lomba. Turut hadir juga, Direktur Utama PTAM Giri Menang (Perseroda) L. Ahmad Zaini yang didampingi oleh Ketua ISPAM, Komisaris dan jajaran Manajer.

Aini sebagai Ketua Tim membacakan hasil penilaian dewan juri yang merupakan akumulasi penilaian dari tahapan pemeriksaan administrasi dan pemeriksaan faktual di lapangan. Dari hasil tersebut menjadikan Desa Gegelang Kec. Lingsar sebagai Juara 1 dengan hadiah dana pembinaan sebesar Rp 25.000.000,-, diikuti di posisi kedua dengan Desa Kuripan Kec. Kuripan dengan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 20.000.000,-. Kemudian diposisi ketiga diapatkan oleh Desa Saribaye dengan dana pembinaan sebesar Rp 15.000.000,-. Kemudian juara harapan 1 sampai 3 ditempati desa Midang, Lingsar dan Penimbung yang juga mendapatkan dana pembinaan.

Ini merupakan bentuk perhatian PTAM Giri Menang (Perseroda) terhadap kesehatan masyarakat. Terlebih pada sistem sanitasi dan ketersediaan air bersih yang ada di desa-desa. Zaini dalam sambutannya mengatakan bahwa PTAM Giri menang (Perseroda) selama 42 tahun memberikan pelayanan kepada pelanggan setia dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kesehatan.

“  lomba ini merupakan inovasi baru kami. dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan mampu membuat desa-desa lebih mandiri lagi dalam meningkatkan kesehatan dimasing-masing desanya. Pengelolaan sanitasi dan air bersih yang diselenggarakan oleh masing-masing desa diharapkan juga bisa mandiri secara anggaran, sehingga tidak membebani APBD Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi batu loncatan untuk setiap desa agar terus melakukan inovasinya, sehingga seluruh desa yang masih belum berkesempatan menjadi juara bisa mempersiapkan diri, ” ungkap Zaini.

Tidak lupa Bupati Kab. Lombok Barat memberikan arahan dan sambutannya. Pada kesempatannya, Fauzan mengungkapkan kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang penuh akan manfaat. Selaras dengan program pemerintah yang sedang mengkampanyekan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“ Pemerintah Kabupaten Lombok Barat beberapa waktu yang lalu sudah mendeklarasikan sebagai kabupaten menerapkan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di seluruh desanya. Kegiatan yang dilakukan oleh PTAM Giri Menang (Perseroda) ini merupakan sebuah terobosan yang menarik dan selaras dengan program pemerintah. Saya harap ini bisa berkelanjutan dan terus memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat, ” ungkap Fauzan.

Kegiatan Lomba Desa Sehat Berbasis Sanitasi Layak dan Air Bersih ini merupakan kegiatan yang diharapkan mampu memberikan motivasi untuk seluruh desa dan kelurahan yang ada diwilayah pelayanan. sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa berdampak lebih luas lagi seluruh pelanggan setia PTAM Giri Menang (Perseroda). (saw)