BUMD AIR MINUM PERTAMA DI INDONBESIA, PTAM GIRI MENANG BENTUK TIM CSIRT BERSAMA BSSN


Infografis

MATARAM- (16/06) Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelangggan setia, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) melakukan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kali ini, BSSN melakukan analisis dan pengukuran langsung ke Kantor Pusat PTAM Giri Menang. Kemudian, akan dilakukan rapat koordinasi dan asistensi pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Pertemuan diawali di Ruang Rapat Utama untuk diberikan pembekalan yang disampaikan langsung oleh Direktur Keamanan Siber dan Sandi Energi dan Sumber Daya Alam, Holmi Noviana beserta Tim.

Memiliki tugas sebagai badan regulator terkait keamanan siber dan sandi, BSSN memiliki peran untuk memantau dan mengarahkan setiap badan usaha. BUMN dan BUMD yang menjadi representativ negara dalam hal pelayanan piblik seharusnya memiliki keamanan siber dan sandi yang cukup mempuni. Untuk itu BSSN hadir untuk bisa memberikan koridor yang jelas guna memproteksi perusahaan milik negara.

Dipantau langsung oleh Direktur Utama PTAM Giri Menang L. Ahmad Zaini, ini merupakan sebuah trobosan baru yang kemudian akan menjadi rujukan secara nasional. Turut hadir Direktur Umum dan Keuangan, Aini Kurniati dan seluruh pejabat struktural pada kegiatan ini. Dalam sambutannya, Zaini mengucapkan apresiasi kepada BSSN yang sudah mau untuk menjalin kerjasama denagn PTAM Giri Menang. Ini akan menjadi sebuah moment yang bersejarah, karena PTAM Giri Menang merupakan BUMD Air Minum pertama yang melakukan trobosan seperti ini.

“ kami ucapkan terimakasih kepada BSSN yang sudah bisa meluangkan waktunya untuk bisa berkunjung ke perusahaan kami. Diharapkan tim yang akan dibentuk nanti bisa bekerja dengan optimal dan menghasilkan kinerja yang baik sehingga berdampak pada peningkatan pelayanan. Sekali lagi, ini merupakan sebuah trobosan yang baik, saat ini mobilitas yang dilakukan untuk menjalankan perusahaan mayoritasnya menggunakan teknologi, sehingga dalam menjamin keamanan teknologi informasi sangatlah dibutuhkan, ” imbuh Zaini.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PERPAMSI, Zaini juga akan mengarahkan seluruh BUMD Air Minum seluruh Indonesia untuk bisa memproteksi teknologi informasinya. Kehadiran BSSN untuk menjamin keamanan TI pada BUMD Air MInum merupakan sebuah keniscayaan yang bisa segera diterapkan. PTAM Giri Menang saat ini yang pertama melakukan pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Kedepanya, ini bisa diadopsi oleh seluruh BUMD Air Minum di seluruh Indonesia. (saw)