Pelantikan & Sumpah Jabatan Direksi PDAM Giri Menang Masa Jabatan 2015-2019


Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zaini Arony saat melantik dan mengambil sumpah direksi PDAM Giri Menang Masa Jabatan 2015-2019 dan disaksikan Oleh Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi dan DPRD Lombok Barat, Hj. Sumiatun.

Giri menang. Jajaran direksi PDAM Giri Menang masa jabatan 2015-2019 resmi dilantik dan diambil sumpahnya pada Senin, 12 Januari 2015 di Aula Kantor PDAM Giri Menang. Komposisi direksi mengalami sedikit perubahan di posisi direktur umum saja,  Posisi direktur umum yang sebelumnya di jabat oleh H. Dharmawi SE. kini di emban oleh Ahmad Ridwan S.Adm.

Pergantian H. Dharmawi sebagai Direktur Umum karena bertepatan dengan masa pensiunnya. Sementara Ahmad Ridwan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Umum PDAM Giri Menang menggantikan beliau sebagai Direktur Umum.  Posisi Direktur Utama  (dirut),  kembali  dipercayakan kepada HL. Ahmad Zaini, Ssi. MT, demikian pula halnya dengan jabatan Direktur Tekhnik tetap diemban oleh HM. Yusuf. ST

Pada acara tersebut, selain acara pelantikan sekaligus dirangkaikan dengan acara pelepasan pejabat (direksi) lama yang memasuki masa pensiun. Dan ini merupakan kegiatan  yang pertama kali  mengkombinasikan acara pelantikan dengan pisah sambut jajaran Direksi PDAM Giri Menang. Tentu kegiatan ini harus kita budayakan agar silaturrahmi kita tetap terjaga, dan membuat kita semakin erat dan dekat.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zaini Arony, Wakil Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S. Ag, M.Si, Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, Ketua DPRD Lombok Barat, Hj. Sumiatun, turut pula hadir di jajaran tamu undangan yakni Sekda Lobar, HM. Uzair dan Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, Ketua TP PKK Lobar Hj. Nanik Zaini Ariny beserta Ketua GOW Lobar Hj. Khaeratun dan sejumlah SKPD lingkup Pemkab Lobar dan Pemkot Mataram, pimpinan instansi pemerintah dan swasta beserta unsur muspida Kota /mataram dan Kab. Lombok Barat.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, pada sambutannya, mengingatkan tanggung jawab direksi semakin berat, sehingga PDAM Giri Menang harus tetap berkomitmen dan bekerja lebih keras lagi untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Ketua DPD II Golkar Kota Mataram ini menaruh harapan besar kepada jajaran direksi baru yang sejatinya adalah orang-orang lama di PDAM Giri Menang yang kaya akan pengalaman. Mereka diharapkan bisa memperbaiki atau menyempurnakan apa saja yang kurang dari direksi sebelumnya.

Orang nomor satu dimataram ini mengaku, ketiga direksi baru yaitu H. L. Ahmad Zaini, HM. Yusuf dan Ahmad Ridwan sudah memiliki pengalaman serta mengabdikan diri sudah lama di PDAM Giri Menang. Ia dianggap sudah memahami apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki serta mengoptimalisasikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk menyemangati para direksi dan jajaran kepegawaian PDAM Giri Menang, Ahyar memastikan dengan melakukan optimalisasi pelayanan air bersih ke masyarakat, maka mereka tergolong telah melaksanakan ibadah.

Walikota juga sempat memberikan apresiasinya kepada direksi PDAM GM yang sudah demisioner. “Tenaga, waktu dan pikiran pejabat sebelumnya sudah memberikan sumbangsih berarti bagi perusahaan. Kepada Bapak H. Dharmawi tak lupa kami ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya untuk ikut membesarkan PDAM” Tutupnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat Zaini Arony dalam sambutannya ikut memaparkan jika air merupakan hal yang paling esensi dalam kehidupan. Tidak hanya dibutuhkan oleh manusia, namun juga makhluk hidup lainnya. Karena itu, menjaga sumber mata air dan melestarikan hutan merupakan hal yang sangat penting. “saya juga ingin mengajak seluruh pengguna jasa PDAM agar tidak boros dalam menggunakan air,” tandasnya.

Menurut zainy, dalam kurun waktu empat tahun terakhir PDAM telah mencatat banyak perkembangan. seperti jumlah pelanggan yang pada 2010 masih sebanyak 69 ribu dan sekarang sudah mencapai angka 94 ribu. Tentu ini adalah hal yang sangat membanggakan bagi kemjauan perusahaan. Pencapaian ini diharapkan tak hanya sekedar untuk mengejar kuantitas saja. Namun dibarengi pula dengan kualitas dalam rangka mewujudkan customer satisfaction.

Orang nomor satu di Lobar ini pun memastikan jika penunjukan direksi yang baru bukan didasari atas suka atau tidak suka. Namun mereka yang terpilih adalah mereka yang telah menjalani dan mengikuti fit and propet test. “kompetensi dan kemampuan mumpuni layak dituntut dari jajaran direksi. Direksi kami harapkan bisa tetap kompak dan satu komando,” sambungnya.

Usai dilantik, Dirut PDAM HL Ahmad Zaini membenarkan jika tantangan kedepan yang akan dihadapi jajarannya semakin berat. Namun mereka tetap harus berupaya memenuhi tuntutan publik untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas. “untuk mewujudkannya kami membutuhkan peran aktif dan dukungan semua pihak termasuk stake holder dan masyarakat” ucapnya.

Zaini juga mengucapkan terima kasihnya kepada pemilik perusahaan yang kembali mempercayakannya untuk memimpin kembali PDAM. Sejauh ini perhatian pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan PDAM cukup tinggi, salah satunya ditunjukkan dengan penyertaan modal yang terus meningkat. “Program-program kedepan selain kami fokus juga akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk pertumbuhan perusahaan,” tutupnya.

Dalam sambutannya di apel pagi, selasa 13 desember 2015, Zaini memberikan sedikit motivasi kepada seluruh jajaran pegawai di Halaman Kantor PDAM Giri Menang. Zaini menyampaikan  agar kita tetap dalam satu barisan, satu komando untuk menakhodai Perusahaan ini menuju yang lebih baik kedepannya,  dan apa yang kita lakukan adalah tidak lain untuk beribadah. Zaini juga menekankan kembali agar target-target kinerja 2015 ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.