REFLEKSI AKHIR TAHUN 2022, PTAM GIRI MENANG BERIKAN PELAYANAN TERBAIK


-

LOMBOK BARAT- Kamis, 29 Desember 2022, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) mengadakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun. Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum yang masuk dalam kategori sehat secara Nasional, perusahaan yang dipimpin oleh L. Ahmad Zaini (LAZ) selaku Direktur Utama selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia. Menelisik perjalanan selama tahun 2022 (Januari - Desember), PTAM Giri Menang menorehkan beberapa prestasi membanggakan. Hasil gemilang yang dicapai oleh perusahaan kali ini merupakan ikhtiar tiada henti yang dilakukan oleh Manajemen.

Untuk tahun ini, kegiatan Refleksi Akhir Tahun dilaksanakan di Water Treament Plan (WTP) Sembung Kec. Narmada milik PTAM Giri Menang. Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah “Berikan Pelayanan Terbaik, Sambut Tahun 2023 Dengan Penuh Optimisme”. Kegiatan refleksi ini juga diselingi dengan rangkaian outbond dan lomba memancing yang diikuti oleh seluruh pegawai PTAM Giri Menang. Turut hadir pada kegiatan ini yakni pastinya Direktur Utama PTAM Giri Menang L. Ahmad Zaini (LAZ), Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati, Dewan Komisaris yang diantaranya adalah H. Muhammad Ahyar dan Suhaimi Syamsuri, Ketua Ikatan Istri Pegawai PTAM Giri Menang (ISPAM) Ayu Indra Rukmana Zaini, Seluruh Pejabat Struktural dan Ibu-ibu ISPAM. Direktur Operasional, Maman Rahman Danis pada kesempatan ini berhalangan hadir karena kondisi yang masih kurang sehat.

Zaini dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini PTAM Giri Menang berada dalam kondisi yang sangat baik dan selalu dalam kondisi yang prima dalam melakukan pelayanan kepada seluruh pelanggan setia. Semua pegawai harus selalu siap siaga dalam mengahadapi semua tantangan guna tercapainya pelayanan yang terbaik. Ikhtiar yang tiada henti yang sudah dilakukan diharapkan untuk terus ditingkatkan agar seluruh pelanggan setia yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram dapat merasakan kenyamanan dalam menggunakan air bersih.

“ tantangan kita kedepan pada tahun 2023 diprediksi cukup sulit, Pemerintah mengatakan kondisi perekonomian Indonesia akan berada dalam posisi yang tidak menentu. Namun, saya yakin kita bisa lalui itu semua dengan baik, apalagi kita lakukan semua dengan ikhtiar yang keras yang diimbangi dengan kekompakan yang penuh dengan rasa kebersamaan, ” ungkap Zaini.

Selanjutnya untuk me-refleksi tahun 2022, Zaini menambahkan bahwa kondisi yang dilalui perusahaan menghasilkan capaian yang baik. Capaian-capain yang kemudian membawa perusahaan pada penilaian terbaik secara keseluruhan berjalan sesuai dengan rencana.

“Kondisi Perusahaan kita pada tahun 2022 yang sudah kita lalui berjalan sesuai dengan rencana (On the Track). Seluruh target-target terealisasi dengan baik, dari sisi pengeluaran kita bisa efisien. Dan Alhamdulillah,rapot PTAM Giri menang pada tahun 2022 ini masih sesuai dengan harapan kita bersama, ” tambah Zaini

Adapun hasil yang diraih oleh PTAM Giri Menang pada tahun 2022 ini adalah diantaranya sebagai berikut. Tren Jumlah Pelanggan, Jumlah Pegawai dan Rasio Pegawai per 1.000 pelanggan pada tahun 2022 yakni pada rasio pegawai per 1.000 pelanggan sebesar 1,69 untuk proyeksi tahun 2022 atau sangat efisien dibanding dengan standar maksimal Kementerian PUPR yaitu 5 orang pegawai melayani 1000 pelanggan.

Penilaian Aspek Kinerja yakni Aspek Keuangan, Aspek Operasional, Aspek Administrasi, Aspek Pelayanan Aspek SDM, berdasarkan Permendagri 47 Tahun 1999 (Audited) dan Proyeksi Kinerja tahun 2022 dengan nilai BAIK dan SEHAT (hasil audit Kementerian PUPR).

Selanjutnya terkait Cakupan Pelayanan pada tahun 2022, berdasarkan Laporan Evaluasi Kinerja oleh BPKP Provinsi NTB (Audited) hasilnya mengalami PENINGKATAN. Hasil ini memberikan dampak dan progress yang baik bagi perusahaan kedepannya, tentu diimbangi dengan penyesuaian agar bisa memberikan tambahan pelayanan yang optimal lagi kedepannya.

Terkait Laba Bersih Perusahaan, perolehan pada tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, itu semua diraih dari hasil peningkatan pelayanan dan efisiensi biaya yang diterapkan oleh Manajemen. Laba merupakan target yang memang diharapkan terus meningkat pada setiap tahunnya. Yang kemudian, berdampak linier pada deviden yang dibagikan kepada Daerah, untuk Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram pastinya mengalami peningkatan pada Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari PTAM Giri Menang.

Pada kesempatan lainnya, mewakili Dewan Komisaris H. Muhammad Ahyar juga berkesempatan untuk memberikan sambutannya. Dalam sambutannya yang singkat tersebut, Ahyar mengatakan bahwa kepemimpinan yang dilakukan oleh L. Ahmad Zaini ini merupakan sebuah Role Model sebuah perusahaan yang besar dan baik. Ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri yang harus kita syukuri.

“ PTAM Giri Menang ini merupakan sebuah Dream Team, maksudnya adalah Manajemen yang sudah sangat ideal. Dengan kepemimpinan L. Ahmad Zaini (LAZ) PTAM Giri Menang yang membawa hasil maksimal dan memberikan dampak yang baik bagi pelanggan. Itu merupakan sebuah hal yang sulit namun itu semua bisa terwujud dengan kerja kolektif yang sudah terbentuk ini. Harapannya, ini bisa menjadi sebuah semangat yang bisa mewujudkan hasil yang lebih baik lagi pada tahun 2023 mendatang, ” ungkap Ahyar.

Prestasi Nasional

Diantaranya adalah meraih PERPAMSI Digital Transformation Award 2022 Kategori Digitalisasi Sarana dan Informasi BUMD Air Minum Golongan Besar. Raihan award yang dianugerahkan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) ini merupakan wujud keseriusan yang dilakukan oleh Manajemen dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan setia. Upgrade dari sistem digital yang dimiliki oleh PTAM Giri Menang berdampak signifikan bagi perusahaan, terlebih dalam melakukan efisiensi keuangan dan memberikan hasil kerja yang sangat maksimal.

Raihan Juara Ketiga pada Lomba Poster Karya Ilmiah PERPAMSI 2022. Raihan ini diraih oleh Staf Distribusi PTAM Giri Menang yakni Uling Permadi G. Tema yang dibawa tersebut adalah Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Geografis dalam Rencana Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Harapan dari tema ini adalah dapat memudahkan pada setiap BUMD Air Minum di Indonesia dalam memberikan gambaran yang lebih rinci tentang perencanaan pengembangan sistem SPAM yang ada diwilayah masing-masing.

PTAM Giri Menang juga dinilai dan dianggap mampu untuk menjadi Mentor bagi delapan BUMD Air Minum yang ada di NTB dan NTT yang masih termasuk dalam kategori yang belum sehat (Resepien) pada Program Kemitraan Solidaritas PERPAMSI. Dalam hal ini, L. Ahmad Zaini (LAZ) ditunjuk sebagai Ketua TIM untuk menjadi Mentor para Resepien. Resepian tersebut diantaranya adalah PDAM  Kab. Ngada (NTT), PDAM Kab. Roten Dao (NTT), PDAM Kab. Timur Tengah Utara (NTT), PDAM Kab. Flores Timur (NTT), serta PDAM Kab. Sumbawa (NTB), PDAM Kab. Sumbawa Barat (NTB), PDAM Kab. Lombok Timur(NTB) dan PDAM Kab. Lombok Tengah (NTB). Harapannya, setelah dimentori oleh PTAM Giri Menang BUMD Air Minum tersebut dapat meningkatkan pelayanan dan mutunya agar menjadi perusahaan yang tumbuh dan lebih maju dari sebelumnya.

Harapan Besar PTAM Giri Menang kedepannya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan mohon doa dari seluruh pelanggan setia agar PTAM Giri Menang bisa terus memberikan kinerja yang terbaik, pastinya untuk bisa bersama-sama membangun daerah yang kita cintai bersama ini. (saw)