PTAM GIRI MENANG JALIN KERJA SAMA DENGAN AUSTRALIA WATER ASSOCIATION


-

MATARAM – Senin, 16 Januari 2023 PTAM Giri Menang menyambut hangat kehadiran dari Australia Water Association (AWA) ke Kantor Pusat PT Air Minum Giri Menang (Perseroda). Mewakili AWA hadir Mrs. Katie Trevor dan Mr. Huy Van Tran yang didampingi oleh perwakilan Kedubes Australia untuk Indonesia Mr. Gerald Cheong. Disambut langsung oleh Direktur Utama L. Ahmad Zaini (LAZ), turut hadir mendampingi pada kesempatan ini Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati dan jajaran Manajer terkait.

Kehadiran AWA ke PTAM Giri Menang untuk melakukan assessment agar kedepannya dapat menjalin kerjasama terkait penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Twinning Program, adalah program kerjasama yang sebelumnya sudah pernah terjalin antara PERPAMSI dengan AWA (2019-2021). Kali ini PTAM Giri Menang dipilih dan di assessment oleh AWA untuk bisa sama-sama melakukan sharing knowledge kepada penyelenggara SPAM yang ada di Australia.

Pada program ini, tema yang diangkat oleh PTAM Giri Menang adalah climate change (perubahan iklim). Tema ini dianggap sangat relevan dengan kedua Negara yang dimana dalam melakukan kerja-kerja operasional, sehingga dalam proses sharing knowledge bisa sama-sama memberikan satu sama lain. AWA membuat program ini untuk wilayah se Asia-Pasifik, mewakili Indonesia PTAM Giri Menang dipilih bersama Perumda Tirta Musi Kota Palembang.

Dalam sambutannya, Zaini mengungkapkan ucapan terimakasihnya karena telah memilih PTAM Giri Menang sebagai perwakilan Indonesia untuk bisa melakukan sharing knowledge. Harapan besar dengan adanya program ini bisa memberikan dampak yang signifikan untuk kedua negara. Terkhusus pada BUMD Air Minum yang sama-sama memberikan informasi terkait kelebihannya masing-masing.

“transfer ilmu pengetahuan ini merupakan sebuah langkah yang harus kita support bersama. Perubahan signifikan ke arah yang lebih baik akan bisa dirasakan kedepannya untuk semua BUMD Air Minum yang terlibat. Itu semua merupakan ikhtiar kita bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia, ” ungkap Zaini.

Disamping itu, Katie juga memberikan apresiasinya kepada BUMD Air Minum terbesar di Provinsi NTB ini karena memiliki sumber daya manusia yang sangat baik. Terbukti saat pemaparan dari Zaini terkait Rasio Pegawai yang nyatanya 1,63 pegawai melayani 1000 pelanggan. Kedepannya, upaya mengidentifikasi penyelenggara SPAM yang di Australia untuk bisa disesuaikan dengan PTAM Giri Menang sehingga bisa sama-sama saling mengadopsi program satu sama lain.

“ PTAM Giri Menang memang memiliki kriteria yang kami inginkan. Perusahaan Air Minum yang besardam bisa memberikan pelayanan terbaik merupakan perusahaan yang bisa memberikan pengalaman yang baik bagi perusahaan penghelola SPAM di Australia yang nantinya akan dipilih. Kami berharap setelah program ini (Twinning Program) selesai, kerjasama antara PTAM Giri Menang dan AWA tetap bisa berlangsung, ” sebut Katie.

Harapannya, dengan kerjasama ini PTAM Giri Menang dan penyelenggara SPAM di Australia bisa sama-sama saling berbagi ilmu untuk dapat meningkatkan kerja-kerja operasionalnya sehingga pelayanan kepada pelanggan setia bisa terakomodir sepenuhnya. (saw)