PDAM GIRI MENANG DORONG PENINGKATAN PELAYANAN MELALUI PELATIHAN SERVICE EXCELLENT


Foto bersama sebelum memulai kegiatan in house training Service Excellent

Mataram – PDAM Giri Menang sukses menggelar In House Training Service Excellent yang bertemakan “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Pelayanan Prima” pada hari Sabtu (03/02/18) dan Minggu (04/02/18). Sembilan puluh satu peserta yang mengikuti pelatihan ini dibagi menjadi dua kelompok dimana masing-masing kelompok mendapatkan pelatihan selama 1 (satu) hari dengan materi dan kegiatan yang sama. 
Peserta pelatihan berasal dari frontliner PDAM Giri Menang yang terdiri dari customer service, kasir, staf Pelayanan dan Penagihan, staf Informasi dan Teknologi, staf Penyambungan dan Pemutusan, serta staf Pembaca Meter. PDAM Giri Menang telah bekerja sama dengan CV. Nirwana dalam menghadirkan dua fasilitator dalam pelatihan ini, yaitu 1) Retno S. Wahyuni, MBA, Dipl.Ed., Trainer, Program Director dan Hipnoterapist, serta 2) Hellen Citra Dewi, M.Psi., Psikolog.
Dalam pelatihan ini para peserta diberikan motivasi dan inspirasi untuk memperkuat  pemahaman dan keterampilan pelayanan pelanggan yang prima, agar mampu mewujudkan pelayanan pelanggan yang persuasif, berlandaskan perasaan, pikiran, dan perilaku positif. 
Kegiatan pelatihan ini dimulai pada pukul 08.00 WITA dan selesai pada pukul 16.00 WITA. Pada awal sesi pelatihan, peserta diajak untuk mengubah paradigma / cara pandang agar selalu bersikap positif menghadapi pelanggan. Selanjutnya, peserta disuguhkan materi mengenai berbagai sudut pandang dan karakteristik konsumen terhadap pelayanan yang diberikan. 
Selain ceramah, metode games dan bermain peran / role play juga digunakan untuk menyampaikan isi program pelatihan. Peserta disajikan beberapa kasus yang kemudian dipresentasikan melalui role play. Dari kegiatan role play tersebut peserta diharapkan mendapatkan pemahaman mengenai keterampilan yang harus dimiliki dalam pelayanan prima, diantaranya adalah  komunikasi efektif dan sikap positif terhadap pelanggan.
Di akhir sesi pelatihan, peserta diberikan materi mengenai manajemen stress  dengan tujuan agar mereka mampu mengelola stress dalam menghadapi situasi penuh tekanan dalam konteks pelayanan terhadap pelanggan. Selain manajemen stress, peserta juga diberikan materi mengenai bagaimana meningkatkan rasa percaya diri mereka terutama ketika menghadapi berbagai macam tipe pelanggan.