Gambar Berita

WEBINAR FORUM CSR INDONESIA, SELURUH BUMN, BUMD DAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN BESAR UPAYAKAN PENINGKATAN TJSL

Daring- Forum Corporate Social Responsibility Indonesia mengadakan Webinar Series 1 CSR Outlook 2022. Kegiatan ini diikuti hamper seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMD), Badan Usaha Milik Daerah dan Perusahaan-perusahaan besar lainnya. Dengan mengangkat tema “Optimalisasi Praktik Terbaik Tanggaung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk mewujudkan Indonesia yang Lestari dan Sejahtera” kegiatan ini dilakukan secara daring.

PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) sebagai BUMD Air MInum juga turut hadir dalam kegiatan ini, yang diwakilkan oleh Sub Bidang Hubungan Masyarakat Bidan Sekretariat Berusahaan. PTAM Giri Menang yang dikelola dengan professional dan berintegritas juga mengambil peran untuk lingkungan sekitar. Sebagai bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan, PTAM Giri menang tetap melakukan program-program terbaiknya guna memberikan kemaslahatan kepada masyarakat Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat.

Pada kegiatan kali ini, menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten kepada para pesertanya. Diantaranya adalah Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat Kementerian Sosial, Serimika BR. Karo, Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata. Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Y. Bayasut, Praktisi dan Pakar Bidang Lingkungan dan Kehutanan Siverius Oscar Unggul. Serta turut hadir juga Komisaris Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), H. Irzani yang sekaligus sebagai Ketua Forum CSR NTB.

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Perusahaan-perusahaan. Kerakan TJSL ini harus bisa dikelola oleh masing-masing perusahaan dengan baik dan benar. PTAM Giri Menang pada tahun 2021 lalu dianugerahkan Top CSR Awards oleh Majalah Top Business. Prestasi tersebut merupakan hasil dari upaya perusahaan dalam memberikan TJSL kepada masyarakat yang berada dalam wilayah pelayanan.

Selain itu, L. Ahmad Zaini sebagai Direktur Utama PTAM Giri Menang juga dianugerahkan Top Leader On CSR Commitment 2021. Selaku pemangku kebijakan di perusahaan, dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi TJSL di perusahaan. Sistem kebijakan, tata kelola dan keberhasilan TJSL di perusahaan akan sulit dijalankan secara efektif, jika leader-nya tidak memiliki komitmen yang tinggi. Zaini selaku Dirut sangat memperhatikan akan hal tersebut.

Dengan adanya forum komunikasi TJSL secara Nasional, diharapkan peran dari Forum CSR Indonesia ini bisa membawa seluruh perusahaan yang ada untuk bisa meningkatkan program TJSLnya. Perusahaan memiliki tanggung jawab dan perhatian yang tinggi kepada masyarakat dan lingkungannya.(saw)


Selengkapnya
Gambar Berita

INFORMASI GANGGUAN DISTRIBUSI AIR


Selengkapnya
Gambar Berita

Informasi Gangguan Distribusi Air

Informasi Gangguan Distribusi Air. Atas Nama Manajemen Kami Mohon Maaf Untuk Ketidaknyamanannya.


Selengkapnya
Gambar Berita

PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA, RENCANA AKSI DAN PAKTA INTEGRITAS TAHUN 2022

LOMBOK BARAT- Senin, 17 Januari 2022 bertempat di Patio Jungle View, Gunung Sari, Manajemen PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) mengadakan kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama, Rencana Aksi dan Pakta Integritas. Kegiatan kali ini dilakukan oleh Dewan Komisaris, Direksi, seluruh Manajer dan seluruh Asiesten Manajer turut hadir dalam agenda penting ini.

Kegiatan rutin yang dilakukan setiap awal tahun ini merupakan wujud dari keseriusan jajaran struktural PTAM Giri Menang dalam menjalankan roda organisasi perusahaan. Dengan adanya penandatanganan ini, diharapkan seluruh pegawai tetap berada dalam koridornaya dalam menjalankan kerja-kerja operasional perusahaan. Ini juga sebagai bentuk tanggungjawab setiap insan yang berada di lingkup PTAM Giri Menang agar bisa memberikan kinerja terbaiknya kepada perusahaan agar memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia.

Sebelum melakukan penandatanganan, terlebih dahulu Direktur Utama L. Ahmad Zaini memberikan kata sambutan dan arahannya. Zaini berpesan kepada seluruh jajaran struktural untuk memperhatikan dan memaknai momentum kali ini. Dokumen yang ditandatangani kali ini jangan hanya dijadikan sebagai arsip, namun dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan program di tahun 2022. Setiap program harus bisa dievaluasi secara berkala dan berjenjang. Sehingga setiap capaian bisa diamati secara seksama.

“Saya harap peristiwa ini bukan hanya dijadikan sebagai dokumen arsip saja, namun dipahami dan ditelaah secara mendalam. Target-target sudah tertuang dalam dokumen yang bapak ibu tandatangani hari ini. Jadikan itu semua sebagai acuan yang dipedomani untuk bisa direalisasikan secara maksimal pada tahun ini. Saya harap semua bisa terpantau dan dievaluasi scara berkala dan berjenjang. Untuk jajaran Asisten Manajer dievaluasi setiap 2 minggu sekali, Manajer 1 bulan sekali dan Direksi setiap 3 Bualan sekali, ”ungkap Zaini.

PTAM Giri Menang sebagai BUMD Air Minum yang besar selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan setia. Sebagai penyumbah Pendapatan Asli Daerah untuk 2 Kabupaten/Kota (Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram) PTAM Giri Menang tetap melakukan kerja-kerja professional untuk daerah.

Ditengan pandemi seperti ini, perusahaan daerah ini tetap memberikan hasil gemilang. Terlihat dari laba bersih yang diperoleh pada tahun 2021 yakni lebih dari 35 Miliar Rupiah. Hasil membanggakan tersebut tidak lepas dari komitmen Manajemen yang melakukan kerja professional efisiensi disetiap kerja-kerja operasional perusahaan.(saw)


Selengkapnya
Gambar Berita

PERUMDA AIR MINUM BINTANG BANO DIDAMPINGI KOMISI III DPRD KAB. SUMBAWA BARAT BERKUNJUNG KE PTAM GIRI MENANG

MATARAM- Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa Barat berkunjung ke PT Air Minum Giri Menang (Perseroda). Rombongan yang berjumlah 11 orang ini terdiri dari Ketua Komisi III M. Saleh, dengan anggotanya dan Direktur Perumda Air Minum Bintang Bano, Bambang beserta Dewan Pengawasnya. kunjungan kerja kali ini seperti biasa diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Kantor Pusat(17/01), pastinya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rombongan disambut langsung oleh Direktur Utama L. Ahmad Zaini yang didampingi oleh Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati. Turut hadir juga Manajer dan Asisten Manajer terkait. Maksud dari kedatangan rombongan DPRD Kab. Sumbawa Barat kali ini adalah untuk bisa mengadopsi pola Manajerial dari PTAM Giri Menang, sehingga bisa menigkatkan pelayanan di Perumda Air Minum Bintang Bano Kab. Sumbawa Barat.

Dalam sambutannya, Direktur Utama L. Ahmad Zaini mengatakan sampai saat ini sudah banyak yang meniru pola kerja dan manajemen  PTAM Giri Menang. Kini pelanggan kami sudah lebih dari 150.000 Sambungan Langsung, dan memang sudah dalam kategori BUMD Air Minum yang dinyatakan Sehat. Itu semua kami peroleh dari pola-pola Manajerial yang optimal, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia.

“kami bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Profesionalisme dengan dedikasi yang tinggi merupakan budaya kerja yang tetap kami pertahankan sampai saat ini. setiap ada permasalah kami hadapi dengan penuh perhitungan dan sebisa mungkin menyelesaikannya dengan target. Upaya efisiensi dalam setiap tindakan yang dilakukan juga merupakan hal yang menjadi perhatian utama Manajemen, ” ungkap Zaini.

Materi yang dipaparkan oleh Zaini sangat singkat dan komprehensif sehingga membuat para audiens bisa menerima materi dengan jelas. Kegiatan kali ini diharapkan bisa berlanjut untuk setiap periode kedepannya. Ketua Komisi III M. Saleh dalam kesempatannya mengatakan bahwa ilmu yang didapat pada kesempatan kali ini sangat bermanfaat untuk Kabupaten Sumbawa Barat. Perumda Air Minum Bintang Bano harus bisa mengadopsi skema kerja yang ada di PTAM Giri Menang.

“ kami sangat berterimakasih kepada PTAM Giri Menang yang sudah bersedia untuk berbagi ilmu kepada kami. Ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi kami (Kabupaten Sumbawa Barat) untuk bisa meningkatkan kinerja yang selama ini belum bisa dimaksimalkan oleh Perumda Air Minum Bintang Bano. Kami sangat berharap, kedepannya kami akan melakukan konsultasi lanjutan, ” ujar Saleh.

Direktur Utama Perumda Air Minum Bintang Bano, Bambang mengatakan di Kab. Sumbawa Barat akan ada potensi besar yang bisa dimanfaatkan. Bendungan Bintang Bano yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo merupakan potensi baru untuk bisa menambah kapasitas debit air ke pelanggan.

“kami sangat membutuhkan bantuan dari PTAM Giri Menang untuk bisa membantu memberikan masukan dalam pengelolaan air dari Bendungan Bintang Bano. Kami tetap berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat Kab. Sumbawa Barat. Oleh karena itu, kami sepertinya akan intens untuk terus memjalin komunikasi dengan PTAM Giri Menang guna mendapatkan konsep yang terbaik bagi Perumda Air Minum Bintang Bano, ” ungkap Bambang.

“PTAM Giri Menang tetap terbuka bagi siapapun. Selama itu memiliki tujuan yang baik dan berkomitmen dalam menjalankan program tersebut, sebisa mungkin kami akan bantu pendampingannya. Langsung saja bersurat dan komunikasikan lebih lanjut untuk bisa ditindaklanjuti. Semoga naitan yang baik dari DPRD dan Perumda Air Minum Bintang Bano Kab. Sumbawa Barat bisa memberikan yang terbaik untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat” tutup Zaini.(saw)


Selengkapnya
Gambar Berita

BUPATI SERUYAN BERKUNJUNG KE PTAM GIRI MENANG, GUNA MENINGKATKAN KINERJA PDAM KAB. SERUYAN

MATARAM- Kamis, 13 Januari 2022 bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Pusat PT Air Minum Giri Menang (Perseroda), Manajemen menyambut kedatangan dari rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Rombongan dipimpin Langsung oleh Bupati Seruyan Bapak Yulhaidir, didampingi Sekretaris Daerah, Kepala OPD terkait dan Direktur Utama PDAM Kabupaten Seruyan serta rombongan lainnya.

Disambut oleh Dewan Komisaris M. Ahyar dan Suhaimi Syamsuri, Direktur Umum dan Keuangan Aini Kurniati dan Manajer terkait. Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tujuan utama dari kunjungan Pemda Seruyan kali ini adalah untuk melakukan optimalisasi pengelolaan dan pengawasan terhadap Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Seruyan. Dan juga kedepannya PDAM Seruyan akan melakukan perubahan bentuk hukum menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum, oleh karena itu PTAM Giri Menang dijadikan sebagaio rujukan.

PTAM Giri Menang dijadikan sebagai rujukan karena memang PTAM Giri Menang merupakan BUMD Air Minum yang pertama melakukan perubahan badan hukum menjadi Perseroda.

Mewakili Perusahaan selaku Komisaris Ahyar memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, Ahyar mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dipimpin langsung oleh Bapak Bupati ini. Semoga kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemda Seruyan bisa bermanfaat, sehingga bisa mengaplikasikan semua informasi yang diserap di PTAM Giri Menang.

“ ini merupakan suatu kehormatan bagi perusahaan dapat menerima kunjungan dari Bapak Bupati Seruyan. Kami harap semua maksud dari kunjungan ini bisa terjawab dan bisa direalisasikan di wilayah Kabupaten Seruyan, terkhusus pda PDAM Kab. Seruyan, ” ujar Ahyar.

Pada kesempatan ini Diruk Aini, memberikan pemaparanya pada peserta yang hadir. Aini memaparkan materi sesuai dengan kebutuhan dari Pemda Seruyan. Mulai dari pola pengelolaan manajemen, upaya efisiensi hingga tahapan-tahapan dalam perubahan badan hukum yang pernah dilalui oleh PTAM Giri Menang pada tahun 2019 yakni perubahan dari PDAM ke Perseroda.

“ materi yang kami berikan ini merupakan real dari pengalaman kami. Setiap tahapan yang dilalui dalam perubahan badan hukum mestinya kurang lebih sama, mungkin bisa berbeda sedikit di ranah pola kumuniksi antar instansi terkait. Pola pendekatannya, sesuai dengan kondisi yang berlaku di daerah masing-masing” ungkap Aini.

Amanat perubahan badan hukum yang harus dilakukan oleh BUMD Air Minum memang sudah diamanatkan oleh pPemerintah Pusat sejak tahun 2017. Melalui Peraturan Pemerintah No. 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, itu menjadi dasar utama bagi setiap BUMD Air MInum untuk merubah badan hukumnya menjadi Perseroda atau Perumdam.

Dalam hal ini, Bupati Seruyan mengucapkan terimakasih atas sambutan dan informasi yang diberikan. Pemda Seruyan, terkhusus PDAM Kab. Seruyan akan menyesuaikan diri sesuai dengan pengalaman yang diberikan oleh PTAM Giri Menang. Harapan kedepannya, PDAM Kab. Seruyan bisa tumbuh berkembang seperti PTAM Giri Menang.

“ ini merupakan hal berharga bagi kami, Kabupaten Seruyan harus bisa menduplikasi seperti yang dicontohkan oleh PTAM Giri Menang. Pemaparan komrehensif yang disampaikan oleh Bu Diruk memberikan informasi baru. Kami berharap bisa terus menjalin hubungan baik dengan PTAM Giri Menang agar PDAM Kab. Seruyan bisa maju dan berkembang seperti PTAM Giri Menang, ” ungkap Yulhaidir.(saw)


Selengkapnya
Gambar Berita

DIRUT PTAM GIRI MENANG SELAKU KETUM PERPAMSI MELAKUKAN KUNJUNGAN SILAHTURAHMI KE KEMENDAGRI

Direktur Utama PTAM Giri Menang (Perseroda) L. Ahmad Zaini yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PERPAMSI memiliki agenda yang kian padat. Salah satunya melakukan kunjungan silahturahmi ke Kementerian Dalam Negeri. Rombongan diterima langsung oleh Direktur BUMD, BLUD dan BMD, Budi Santoso Sudarmadi.

Kunjungan kali ini membahas beberapa hal terkait tata kelola BUMD Air Minum. Asosiasi Perusahaan Tukang Ledeng seluruh Indonesia saat ini di nakhodai oleh Zaini, dimana beliau menginginkan BUMD Air Minum seluruh Indonesia menjadi lebih progresif lagi. BUMD Air Minum harus bisa mengelola dan menghasilkan pelayanan terbaik guna memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan setia di masing-masing daerah di seluruh pelosok negeri.(saw)


Selengkapnya
Gambar Berita

Informasi Gangguan Distribusi Air

Informasi Gangguan Distribusi Air. Atas Nama Manajemen Kami Mohon Maaf Untuk Ketidaknyamanannya. Kami Menghimbau agar Pelanggan di Wilayah Terdampak untuk menampung air.


Selengkapnya
Gambar Berita

RAPAT KOORDINASI LENGKAP PERDANA DI TAHUN 2022, PTAM GIRI MENANG BERGERAK CEPAT

MATARAM- Bertempat di Ruang Aula(10/01) seluruh pejabat struktural hadir untuk mengikuti Rapat Koordinasi Lengkap. Dipimpin langsung oleh Direktur Utama L. Ahmad Zaini, Kegiatan dilakukan dengan singkat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pada Rakorleng kali ini Direktur Operasional dan Direktur Umum dan Keuangan hadir secara daring, karena pertimbangan kesehatan.

Ini merupakan Rakorleng perdana di tahun 2022, kegiatan rutin yang dilakukan awal tahun seperti ini  merupakan sebuah persiapan yang baik untuk perusahaan. Manajemen PTAM Giri Menang selalu mempersiapkan setiap rencana kerja yang sudah direncanakan dengan matang. Salah satumya adalah dengan memulai awal tahun dengan Rakorleng guna meningkatkan pola komunikasi antara bidang-bidang.

Dalam kesempatannya, Direktur Utama memberikan arahan dan masukan pada setiap bidang yang ada. Zaini mengarahkan agar seluruh pejabat struktural segera menyelesaikan Kontrak Kinerja.

“ yang pertama diselesaikan adalah Kontrak Kinerja. Kontrak kinerja menjadi acuan kita bersama agar bisa menyelesaiakan rencana kerja yang sudah dipersiapkan. Saya berharap semua Kontrak Kinerja antar pejabat struktural sudah bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini, ” tegas Zaini.

Evaluasi yang sudah dilakukan juga menjadi perhatian Dirut. Evaluasi yang dilakukan besar-besaran pada refleksi akhir tahun lalu (2021) merupakan modal penting bagi perusahaan dalam bertindak kedepannya.

“evaluasi yang sudah kita lakukan bersama pada beberapa waktu lalu harus bisa menghasilkan formulasi yang tepat. Semua evaluasi yang dijadikan barometer kita dalam memberikan kinerja kedepannya, ” ungkap Zaini.

Tidak lupa Dirut juga mengingatkan akan pentingnya efisiensi biaya dalam kerja-kerja operasional yang akan dilakukan. Peralihan mekanisme kerja yang biasa dilakukan secara konvensional, kini sebagian besar beralih ke teknologi (online).

“sekarang kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Dengan mengoptimalkan IT, saya yakin kita bisa lebih banyak lagi melakukan efisiensi biaya. Oleh karena itu, Bidang IT harus bisa berkoordinasi dengan seluruh bidang agar bisa segera menyelesaikan pemutakhiran teknologi tersebut, ” tambah Zaini.

Semoga dalam implementasinya nanti, kerja-kerja operasional perusahaan bisa terealisasi sesuai dengan renacana awal yang sudah disepakati bersama. Orientasi akhir yang sama-sama akan perusahaan wujudkan adalah pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia PTAM Giri Menang.(saw)


Selengkapnya