Ekspose Pengetahuan Pengembangan Informasi Teknologi Pada GIS (Geograpghic Information System) di PDAM Giri Menang


suasana ekspose kegiatan presentasi pengetahuan mengenai best praactise dengan pengembangan informasi teknologi.

Begitu beragamnya teknologi yang tersedia saat ini, membuat beberapa PDAM menemui kendala untuk menentukan teknologi mana yang harus digunakan yang mampu memberikan manfaat yang luas bagi bisnis PDAM serta bersifat low cost, dan sebagai salah satu strateginya yaitu dengan penggunaan solusi Open Source sebagai alternatif pendukung proses bisnis dan pembangunan sistem yang baik bagi PDAM kedepannya.

Pada kesempatan kali ini PDAM Giri Menang menggandeng Tiza Solution (penyedia jasa di bidang Solusi Informasi Teknologi dan Water Management) bekerjasama untuk mengadakan ekspose kegiatan presentasi pengetahuan mengenai Best Practice berkaitan dengan “Pengembangan Informasi Teknologi di bidang Sistem Ingormasi Geografis berbasis online sistem.

Kegiatan presentasi GIS tersebut dilaksanakan diruang rapat kantor PDAM Giri Menang di Mataram pada Kamis, 8 Maret 2018 dan dihadiri oleh Direktur Umum PDAM Giri Menang, Maman Rahman Danis dan ±30 peserta dari lintas bagian yang berkepentingan terhadap informasi tersebut.

Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) adalah informasi gabungan data spatial (contoh : peta dasar digital) dengan data Deskriftif (contoh : data pipa, pelanggan, hidrolika) dengan menggunakan sistim komputerisasi yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis.

GIS sangat penting untuk diterapkan di PDAM mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu aset terbesar PDAM yang berpengaruh besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan. Media inilah yang dapat mengolah data-data tersebut menjadi data yang aman, akurat dan berdaya guna lebih dalam pemberian informasi. GIS dipergunakan untuk penggambaran, editing, monitoring dan evaluasi jaringan perpipaan dan data pelanggan dengan menggunakan peta digital yang bergeoreferensi dengan sistim komputerisasi. GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu “Aset” terbesar PDAM yang berpengaruh  besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan. Seluruh data-data jaringan dan pelanggan manual dikomputerisasi sehingga datanya aman, lebih didayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi

Manfaat GIS bagi PDAM :

  • Data-data jaringan pipa dan accessories tersimpan  dengan    aman dan terstruktur dengan proses pengeditan atau   pengolahan secara cepat, akurat dan efisien.
  • Membantu penanganan kebocoran air.
  • Membantu pembuatan rencana pemasangan dan relokasi   jaringan pipa serta accessories.
  • Bahan   pengambilan     keputusan     bagi     manajemen     untuk  peningkatan pelayanan.
  • Penyediaan data untuk pembacaan water meter pelanggan   (RBM).
  • Data pendukung penghitungan hidrolis air.
  • Data pendukung UFW, Zoning System, dan lain-lain.

Perkembangan GIS PDAM GM

Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) yang telah dimulai oleh PDAM GM semenjak 2014 dengan mengumpulkan data-data seperti data jaringan, data persil dan data pelanggan yang dilengkapi dengan koordinat pelanggan. Saat ini, GIS/SIG seluruh data pelanggan PDAM GM sudah terinput dalam sistem, selain itu saat ini selain data-data diatas SIG akan terus dikembangkan dengan memasukkan data-data yang diperlukan agar memberikan informasi yang jelas kedepannya.

Quantum GIS

QGIS (sebelumnya dikenal sebagai Quantum GIS) adalah aplikasi sistem informasi geografis (GIS) desktop sumber terbuka dan bebas lintas platform yang menyediakan tampilan, penyuntingan, dan analisis data. Quantum GIS ini sendiri Merupakan perangkat lunak SIG berbasis open source dan free (gratis) untuk keperluan pengolahan data geospasial.

Quantum GIS ini dapat digunakan untuk input data SIG dan pengolahan data geospasial sebagai pilihan alternatif dari software SIG komersial sepertiArcView, ArcGIS atau MapInfo Professional.

Tiza Solution yang berkunjung memberikan materi mengenai QGIS yang dalam pengaplikasian memang lebih lengkap yakni dengan tersedianya Google street view yang memudahkan dalam memetakan pelanggan. Selain itu, pilihan data yang ditawarkan lebih banyak dan bisa digunakan oleh banyak orang dengan kebutuhan masing masing bagian (multi usser). Tiza Solution menawarkan pendampingan penuh selama 1 bulan dalam pengembangan GIS PDAM GM baik dalam data Billing atau Spatial menggunakan Quantum GIS