PDAM Giri Menang Gelar Dua Pelatihan Sekaligus


Foto bersama sesaat sebelum pelatihan dimulai.

Persaingan industri yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Kualitas produk yang dihasilkan tidak terlepas dari peranan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan. Faktor-faktor produksi dalam perusahaan seperti mesin, dan material dapat bermanfaat apabila telah diolah dengan baik oleh SDM perusahaan. Faktor produksi yang paling berperan penting adalah pipa dan pompa air. Namun, faktor produksi tersebut tidak terlepas dari masalah-masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pemasangan maupun maintenance-nnya. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan SDM untuk mengawasi maupun me-maintenance faktor produksi tersebut sangat dibutuhkan bagi PDAM. Melalui in house training "Pengawasan Konstruksi Perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)” dan  "Pompa (Maintenance, Repair and Overhaul)”

Pelatihan tersebut akan dilakasanakan berturut-turut selama dua hari, Jumat-Sabtu, 23-24 Maret 2018 dengan jumlah peserta ±36 orang yang terdiri dari Bagian Perencanaan Teknik, Bagian Distribusi, Bagian NRW dan Bagian Produksi yang memang menangani masalah perpipaan dan perpompaan.

Adapun materi dari masing-masing pelatihan tersebut yakni Pelatihan Pengawasan Konstruksi Perpipaan SPAM yang terdiri dari Syarat Pengadaan Pipa, Syarat khusus Perlengkapan Pipa, Spesifikasi Teknis Pemasangan Pipa, Pekerjaan Perpipaan untuk Aliran Tidak Bertekanan dan Aliran Bertekanan, Pengetesan Pipa, Penyimpanan Pipa Selama Konstruksi dengan ruang lingkup Pre Test & Post Test, Presentasi, Diskusi dan Kunjungan lapangan

Dalam sambutannya, Direktur Teknik PDAM Giri Menang, H. M. Yusuf yang sekaligus membuka kegitan tersebut mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada LAPI Indowater Consultant sebagai trainer atas ketersediaannya dalam kerjasama yang dilaksanakan oleh PDAM Giri Menang.

Dalam kesempatan tersebut Yusuf juga memberikan sedikit pemaparan terkait realisasi (Instalasi Pengolahan Air) IPA Remeneng yang insyaallah akan mulai beroperasi/difungsikan pada bulan Maret-April, dan tentu pengawasan oleh perencanaan transmisi dan distribusi mempunyai peran yang sangat penting untuk terus mengawal dan melakukan pemantauan.

Selanjutnya beliau menegaskan kepada semua peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, dengan penuh kesungguhan agar jelas manfaatnya bisa diterapkan/diimplementasikan sehingga kita tetap bisa bekerja secara professional dan memberikan yang terbaik kepada perusahaan.

Pada kesempatan yang sama Consultant dari LAPI Indowater mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya karena telah memberikan kepercayaan kepada LAPI Indowater Consultant untuk bersama-sama membagikan pengalaman dan sharing ilmu di PDAM Giri Menang.

“Sungguh ini penghargaan yang luar biasa kami bisa bekerjasama, bersinergi dan sekaligus bersilaturrahmi ke PDAM Giri Menang,” ungkapnya.