Studi Banding PDAM Intan Banjar ke PDAM Giri Menang


Foto bersama antara Direksi dan Dewan Pengawas PDAM Giri Menang dengan Dewan Pengawas PDAM Intan Banjar

Awal triwulan kedua Tahun ini, sebanyak 5 (Lima) Orang yang terdiri dari PLT Direktur Umum beserta Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar berkesempatan melakukan studi banding ke PDAM Giri Menang. Kegiatan studi banding ini dilakukan pada hari Jum’at, 6 April 2018 dan bertempat diruang rapat Kantor PDAM Giri Menang di Mataram.

Maksud dan tujuan studi banding PDAM Intan Banjar ke PDAM Giri Menang dalam rangka silaturrahmi, sharing dan meningkatkan pengetahuan khususnya mengenai sistem pelayanan dan penanganan pengaduan yang diterapkan di PDAM Giri Menang mengingat secara historis dan pelayanannya PDAM Intan Banjar dan PDAM Giri Menang hampir memiliki kesamaan yang sama yakni dimiliki oleh dua komisaris (Kabupaten dan Kota).

Rombongan dari PDAM Intan Banjar diterima langsung oleh Dewan Pengawas PDAM Giri Menang, Dr. H. Muhammad Ahyar, didampingi oleh Direktur Umum, Maman Rahman Danis, Sekretaris dan Anggota Dewan Pengawas, Kepala Bagian Hubungan Langganan yang membawahi Bagian Pelayanan dan Penagihan, Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan, Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian SPI, Kepala Bagian Umum, Kepala Bagian IT, beserta beberapa Kasie terkait, selanjutnya Rombongan dari PDAM Intan Banjar dihadiri oleh PLT Direktur Umum, Asmaraning Muntiana, beserta 4 (empat) Orang anggota Dewan Pengawas lainnya.  

Pertemuan tersebut dimulai dengan pemutaran video Safety Induction dan Video Profile PDAM Giri Menang dan selanjutnya dilakukan dengan perkenalan yang disampaikan langsung oleh Dewan Pengawas, Muhammad Ahyar. Setelah penyampaian dari pihak PDAM Giri Menang dilanjutkan penyampaian juga oleh pihak PDAM Intan Banjar untuk memperkenalkan anggota rombongan dan penyampaian maksud dan tujuannya dalam melakukan studi banding.

berikutnya Ahyar selaku Dewan Pengawas PDAM Giri Menang memberikan pemaparan singkat mengenai Company Profile PDAM Giri Menang, mulai dari struktur organisasi, pertumbuhan pelanggan sampai dengan peningkatan laba dan deviden. Dan selanjutnya dilakukan diskusi/sharing dan tanya jawab.

Selanjutnya dimenit-menit terakhir Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini berkesempatan bergabung setelah menerima tamu (yang sudah dijadwalkan terlebih dahulu). Dalam kesempatan tersebut Zaini ikut memberikan sedikit pengalaman penjelasan seputar pelayanan dan pengalaman menaikkan tarif air minum tanpa ada gejolak yang dirasakan oleh masyarakat.

“Intinya pelanggan juga akan menerima berapapun kenaikan tarif yang telah ditetapkan selama sesuai dengan pelayanan yang didapatkan. Selama pelayanan bagus dan memuaskan, saya rasa pelanggan juga tidak akan merasa keberatan,” Tandasnya.

sebagai acara penutup dilakukan juga penukaran cinderamata dan foto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan antara PDAM Intan Banjar dengan PDAM Giri Menang.