Studi Banding Forum Pelanggan PDAM Asasta Kota Depok ke PDAM Giri Menang


foto bersama jajaran Direksi dan Forum Pelanggan PDAM Giri Menang dengan PDAM Asasta Kota Denpasar.

Mataram. Sebanyak 25 (Dua puluh lima) Orang yang terdiri dari Direksi, dan jajaran anggota forum pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Asasta Kota Depok berkesempatan melakukan studi banding ke PDAM Giri Menang. Kegiatan studi banding ini dilakukan pada hari Rabu, 11 April 2018 bertempat diruang rapat Kantor PDAM Giri Menang di Mataram.

Maksud dan tujuan studi banding Forum Pelanggan PDAM Asasta Kota Depok ke PDAM Giri Menang dalam rangka silaturrahmi dan sharing pengetahuan tentang forum pelanggan khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang diterapkan di PDAM Giri Menang.

Rombongan forum pelanggan PDAM Asasta Kota Depok diterima langsung oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini, Didampingi Ketua Forum Pelanggan, Dr. Agusdin, Sekretaris Forum Pelanggan, Ust. Amrul Jihadi beserta Jajaran Kepala Bagian yang terdiri dari Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan, Kepala Bagian SPI, Kepala Bagian Umum, Kepala Bagian QHSE Beserta jajaran Kepala Seksi terkait.

selanjutnya Rombongan dari PDAM Asasta Kota Depok diikuti oleh Direksi, antara lain Direktur Umum, Direktur Operasional, Ketua Forum Pelanggan beserta Sekretaris dan anggotanya, Manajer SDM dan Manajer Pemasaran PDAM Asasta Kota Depok.

Pertemuan tersebut dimulai dengan pemutaran video Safety Induction dan Video Profile PDAM Giri Menang dan selanjutnya dilakukan dengan perkenalan yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang, L. ahmad Zaini. Setelah penyampaian dari pihak PDAM Giri Menang dilanjutkan penyampaian juga dari PDAM Asasta Kota Depok untuk memperkenalkan anggota rombongan dan penyampaian maksud dan tujuannya dalam melakukan kunjungan kerja.

Selanjutnya L. Ahmad Zaini sebagai Direktur Utama PDAM Giri Menang memberikan pemaparan singkat mengenai Company Profile PDAM Giri Menang mencakup pertumbuhan pelanggan, peningkatan laba, perkembangan aset, dan hasil audit laporan keuangan yang dari Tahun 2011-2017 mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Setelah itu Zaini juga langsung masuk pada topik pembahasan utama mengenai forum pelanggan.

Menurutnya pembentukan Forum Pelanggan adalah sebagai wadah untuk menjembatani aspirasi antara Masyarakat/pelanggan dengan manajemen PDAM Giri Menang untuk membangun komunikasi yang baik guna menghasilkan hubungan yang baik pula. Dimana Forum Pelanggan berdiri dengan Independent dan dibuat dengan Akta
Notaris agar jelas dasar hukumnya dan menjamin independensi.

Pada kesempatan yang sama Dr. Agusdin sebagai Ketua Forum Pelanggan juga ikut menjelaskan dengan terperinci terkait pembentukan Forum Pelanggan. mulai dari sejarah berdirinya perancangan AD/ART, hingga bagaimana bentuk implementasinya di lapangan.   

Selanjutnya Direktur Utama PDAM Asasta Kota Depok, Sulaiman menanggapi pemaparan yang diberikan oleh Dirut dan Ketua Forum Pelanggan PDAM Giri Menang. Sulaiman mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada PDAM Giri Menang yang telah menerima dan menyambut dengan sangat baik dan ramah.

Menurutnya kunjungannya ke PDAM Giri Menang sangatlah tepat karena apa yang menjadi pertanyaan dan informasi yang dibutuhkan di PDAM Asasta Kota Depok khususnya terkait Forum Pelanggan terjawab di PDAM Giri Menang.

Selain fokus dalam pembahasan Forum Pelanggan, Sulaiman juga sangat tertarik untuk ingin mengetahui dan menggali informasi terkait peningkatan jumlah pelanggan, peningkatan aset dan laba yang sangat signifikan dari tahun ketahun,

“Sangat luar biasa PDAM Giri Menang yang jumlah pelanggannya mampu menembus angka hampir 130.000 ribu pelanggan dan menghasilkan peningkatan aset yang signifikan.” Pujinya.

Sebagai acara penutup dilakukan juga penukaran cinderamata dan foto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan antara PDAM Asasta Kota Depok dengan PDAM Giri Menang.