Pelatihan Pemetaan Berbasis Foto Udara


Pembukaan Pelatihan Pemetaan Berbasis Foto Udara.

Mataram. Senin, 30 April 2018, bertempat diruang rapat Kantor PDAM Giri Menang dilaksanakan pelatihan pemetaan menggunakan pesawat tanpa awak (drone). Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar ±15 (lima belas) Orang yang terdiri dari perwakilan lintas bagian, yakni Bagian Perencanaan, Bagian NRW, Bagian Distribusi, Bagian SPI, dan Bagian Sekper (Humas), dengan Narasumber: Mohammad Tanzil, ST (Kepala Sub Seksi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Kantor Pertanahan Kabupaten Lombok Utara) dan Muliawan, ST (Konsultan/Ahli pengukuran dan pemetaan fotogrametri)

Perkembangan teknologi foto udara telah banyak dimanfatkan untuk pemetaan, hal ini yang ingin dimanfaatkan untuk update peta pelanggan PDAM Giri Menang, maka dilaksanakan Pelatihan Pemetaan Berbasis Foto Udara dengan tujuan mengupdate kemampuan sumberdaya manusia (SDM) PDAM Giri Menang dalam pemetaan, antara lain: a). Mampu mengoperasikan alat foto udara/drone, b). Mampu mengolah data foto udara kedalam ArcGis, c). Mampu mengupdate citra/foto udara dalam ArcGis PDAM Giri Menang. Kedepan yang diharapkan mampu mengembangkan peta dengan memanfaatkan foto udara di PDAM Giri Menang.

Kegiatan pelatihan pemetaan tersebut dibuka langsung oleh direktur Utama PDAM Giri Menang, L. Ahmad Zaini didampingi Kepala Bagian SPI, Kepala Bagian Hubungan Langganan, Kepala Bagian NRW, dan Kepala Bagian QHSE.

Dalam sambutannya Zaini memaparkan tentang fakta perubahan di dunia informasi digital sangatlah cepat, sehingga kita akan sangat cepat tertinggal jika kita tidak mengikuti/mengimbangi dengan baik perubahan yang terjadi. Termasuk pemetaan menggunakan foto udara yang kini telah berkembang sangat pesat. Dimana foto udara pertama dilakukan dengan menggunakan balon udara, kemudian berkembang menggunakan pesawat dan kini berevolusi menjadi alat yang sangat kecil dan praktis yang hanya bisa dioperasikan melalui remote control.

Zaini juga menghimbau agar pelatihan ini diikuti dengan sebaik-baiknya agar apa yang didapatkan dalam pelatihan ini bisa diimplementasikan/diterapkan dengan baik untuk kebutuhan perusahaan khususnya terkait pemetaan jaringan pelanggan PDAM Giri Menang.

“semakin sering kita mengasah kemampuan kita dalam melakukan sesuatau akan semakin baik (ahli) pula hasil yang akan kita dapatkan.” Ujarnya.