Efektifitas dan Kedisiplinan Pegawai


Surat Edaran Tentang Ketentuan Jam Kerja dan Absensi

Mataram, sumber daya manusia dalam perusahaan sangatlah penting karena sebagai motor penggerak dari seluruh kegiatan atau aktivitas dalam mencapai tujuan perusahaan maupun untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan diawali dari mengelola sumber daya manusia, khususnya upaya meningkatkan efektifitas dan kedisiplinan pegawai.

Demi meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja di lingkup pegawai, PDAM Giri Menang kembali mengeluarkan surat edaran setelah beberapa waktu lalu mengeluarkan surat edaran berupa anjuran sholat tepat waktu untuk para karyawan dan karyawati. Surat edaran tersebut tentang ketentuan jam kerja dan absensi pegawai.

Berikut isi surat edaran PDAM Giri Menang No. 690.19/PDAM-PEG/2016 tentang ketentuan jam kerja dan absensi.

Dengan ini diinstruksikan kepada seluruh karyawan PDAM Giri Menang bahwa :

  1. Jam kerja ditentukan sebagai berikut :
  1. Jam masuk kerja          : Senin – Kamis (07.30 WITA), Jumat (07.00 WITA)
  2. Jam istirahat kerja       : Senin – Kamis (12.00 – 13.00 WITA), Jumat (11.00 – 13.30 WITA)
  3. Jam pulang kerja         : Senin – Jumat (16.00 WITA)

 

  1. Karyawan yang masuk kerja wajib melakukan kegiatan absensi 4 (empat) kali perhari yaitu :
  1. Masuk/mulai untuk bekerja;
  2. Mulai istirahat;
  3. Selesai dari istirahat;
  4. Pulang/selesai dari bekerja;

 

  1. Karyawan wajib memastikan persetujuan dari atasan dan bagian SDM jika tidak melakukan absensi, tanpa persetujuan atasan dan atau bagian SDM maka karyawan dianggap mangkir dan dapat dikenakan sanksi sesuai yang tertera pada peraturan yang berlaku.

Surat edaran yang telah ditanda tangani oleh Direktur Umum PDAM Giri Menang bertujuan untuk untuk meningkatkan kualitas kerja dan kedisiplinan seluruh karyawan dan karyawati PDAM Giri Menang dengan harapan pegawai yang merasa termotivasi dan disiplin terhadap pekerjaannya akan berdampak pada meningkatnya kinerja suatu perusahaan secara keseluruhan