Pengenalan Water Treatment Plant


Suasana pelatihan Pengenalan Water Treatment Plant di lokasi IPA Remening.

Sehubungan dengan dilaksanakannya rencana komisioning IPA Beton pada pengerjaaan SPAM IKK Narmada (Sistem Remening) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Kegiatan diklat/pelatihan operasional IPA tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 25 September 2018 di Desa Sembung (lokasi IPA Remening) dimana anggota pelatihan tersebut kedepannya ditugaskan sebagai operator pada instalasi IPA tersebut.

Sedikit pembahasan tentang pelatihan tersebut meliputi Water Treatment Plant (WTP) / Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitaas air baku sehingga menjadi air yang sesuai standar mutu atau siap untuk di konsumsi. Ada pun proses pengolahan tersebut terdiri dari Koagulasi dimana koagulan yang digunakan Poly aluminium chloride (PAC) setelah terbentuk flok dalam proses flokulasi kemudian melalui sedimentasi dan Filtrasi. Dari Proses tersebut diatas menghasilkan air dengan kualitas mencapai 0,05 NTU kemudian dilakukan proses desinfektan menggunakan Sodium Hypochlorite kualitas air tesebut sudah mencapai kualitas air minum yang dipersyartakan. Air yang diolah tersebut kemudian ditampung di Reservoir.

Water Treatment Plant (WTP) ini sudah mengunakan sistem SCADA atau Supervisory Control and Data Acquisition adalah sistem kendali berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan seluruh proses pengolahan. Dari sitem SCADA tersebut memungkinkan proses pengolahan mampu bekerja secara otomatis khusunya pada proses pembesihan/backwash media filter dimana pada saat terjadi clogging sistem SCADA akan melakukan proses backwash sendiri.