PDAM Giri Menang Kembali Sabet Penghargaan Di Bidang IT


Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini saat menerima penghargaann Top BUMD IT Telco 2018 di Aula Hotel Sultan. Jakarta, Kemarin (6/12)

Jakarta. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang kembali berhasil meraih penghargaan Top IT Telco 2018. Ini adalah penghargaan bergengsi untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau BUMD serta anak perusahaan dalam pelayanan terbaik menggunakan pendekatan teknologi informasi.

Kegiatan ini diselenggarakan Majalah IT Works bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi dan sejumlah lembaga lainnya. “kami tentu bersyukur dengan penghargaan ini. Karena ini tahun pertama dan kita sudah mendapatkan penghargaan top manajemen dan top pelayanan berbasis IT,” ujar Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini.

PDAM Giri Menang berhasil meraih penghargaan ini karena telah berhasil menerapkan teknologi informasi (TI) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa program unggulan PDAM Giri Menang berbasis TI diantaranya, Sistem online pasang baru, sistem informasi pengaduan, aplikasi penagihan online, serta pemanfaatan website.

Sementara untuk Human Resourse, PDAM Giri Menang dinilai transparan dalam menyampaikan indicator pelayanan, sistem informasi personalia dan kepegawaian, sistem informasi surat dan arsip hingga rekrutmen pegawai.

Tak hanya itu, dalam persoalan financial, PDAM Giri Menang juga memiliki sistem informasi akuntansi, sedangkan untuk logistic, terdapat juga sistem informasi gudang dan logistic.

“penghargaan ini di satu sisi sebagai motivasi kami di PDAM Giri Menang, tetapi ini sekaligus menjadi titik awal kami untuk berjuang lebih baik lagi memberikan pelayanan ke depan,” lanjutnya.

Eko Sulastyo mewakili Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jend. Purn. Moeldoko mengapresiasi ajang penghargaan yang digelar majalah It Works. Ia mengaku kegiatan yang digagas CEO sekaligus Pemred It Works Lutfi Handayani akan mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan.

Terlebih saat ini pemerintah sedang menyusun kerangka strategi dan kerangka dasar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan yang lebih mudah, transparan dan lebih praktris memanfaatkan teknologi informasi. “Pemerintah ingin mewujudkan open government, pelayanan lebih transparan dan akuntabel dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sehingga, semua BUMN-BUMD maupun instansi diminta untuk terus meningkatkan kualitas SDM maupun inovasi program menggunakan IT. Mendorong peran TIK dalam bisnis dan perekonomian nasional.

Pemred It Works Luthfi Handayani menjelaskan ajang penghargaan terhadap perusahaan serta manajemennya bukan hanya sekadar ajang seremonial, tetapi ajang ini sekaligus memberikan kesempatan bagi semua perusahaan untuk belajar dan berbagi pengetahuan terkait memanfaatkan teknologi informasi dalam operasionalnya. Sebagai bagian dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengoperasionalkan perusahaannya.

“kami ingin ada nilai lebih yang didapatkan semua perusahaan dalam menggunakan IT untuk perusahaannya,” jelas dia.

Selain bekerjasama dengan Kemkominfo, Top IT dan Top Telco 2018 yang digelar majalah It Works juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asosiasi Digital, LIPI, Asosiasi Teknologi Komputer hingga beberapa instansi lainnya. Top IT Telco 2018 merupakan kali kelima kegiatan ini digelar.

 

 

Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini saat menerima penghargaann Top BUMD IT Telco 2018 di Aula Hotel Sultan. Jakarta, Kemarin (6/12)