PDAM Gratiskan Tagihan Air Untuk Masjid Dan Musholla


PDAM Gratiskan Tagihan Air Untuk Mssjid Dan Musholla di Lombok Barat dan Kota Mataram

GIRI MENANG-Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini membuat kebijakan khusus di Bulan Ramadhan. Seluruh Masjid dan Musholla di Lombok Barat dan Kota Mataram yang menjadi pelanggan PDAM akan digratiskan untuk biaya tagihan rekening air selama sebulan.

Kebijakan ini sekaligus menjadi rangkaian acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDAM Giri Menang yang ke-39 yang jatuh pada tanggal 14 Juni mendatang.

“Satu kegiatan kami yang baru tahun ini di Bulan Ramadhan, kami melakukan pembebasan rekening unutk Masjid dan Musholla yang ada di Lobar dan Mataram selama sebulan,” ujarnya

Total jumlah Masjid dan Musholla yang ada di Lobar dan Mataram yang terdaftar menjadi pelanggan PDAM Giri Menang sebanyak 525. Seluruh masjid ini akan dibebaskan untuk tidak membayar biaya pemakaian air selama bulan Mei yang dibayarkan di bulan Juni.

“Saya berfikir ada sesuatu yang harus kita perbuat untuk pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan ini. Nilainya memang mungkin tidak seberapa. Tapi konsep ini ingin kami munculkan,” paparnya.

PDAM Giri Menang dikatakannya memberanikan diri untuk memulai itu. Itu setelah Zaini melihan Bulan Ramadhan tahun ini diawali pada bulan Mei dan diakhiri awal Juni. Sehingga, dalam rangka untuk mengisi ibadah Ramadhan yang dikaitkan dengan HUT PDAM ia memulai program ini disamping ada rangkaian kegiatan lainnya.

Menilik dari pengalaman bulan-bulan sebelumnya, estimasi biaya untuk rekening tagihan penggunaan air PDAM di Masjid dan Musholla berkisar pada angka Rp 40 Juta. Untuk 252 Masjid dan Musholla yang menjadi pelanggan PDAM. Namun kebutuhan pemakaian air diyakini akan meningkat selama Bulan Puasa. Mengingat instensitas masyarakat ke masjid selalu ramai ketika bulan puasa. Baik untuk ibadah shalat lima waktu maupun tarawih.

“Ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Ini baru pertama kali kami lakukan dan akan kami usahakan agar dilakukan rutin setiap tahun ke depannya,” ujar Zaini.

Selain program pembebasan rekening untuk Masjid dan Musholla, nantinya PDAM juga akan menggelar kegiatan baksos bagi-bagi sembako bagi warga di desa sumber air PDAM jelang lebaran. Ada juga santunan bagi keluarga pegawai PDAM yang telah meninggal dunia hingga beberapa agenda kegiatan lainnya.

 

Sumber: Koran Harian Lombok Post