PDAM Giri Menang Gelar Inhouse Training Sertifikasi K3 Operator Diesel


Dokumentasi Kegiatan Inhouse Training Sertifikasi K3 Operator Diesel

MATARAM-Semakin meningkatnya pembangunan dan teknologi di berbagai sektor khususnya sektor industri, penggunaan Mesin Diesel (Genset) merupakan syarat mutlak yang harus ada, dalam pengoperasiannya alat tersebut mengandung potensi bahaya yang cukup besar yang dapat menyebabkan kecelakaan, dan faktor manusia merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan sehingga perlu adanya antisipasi dini khususnya pengetahuan terkait keselamatan kerja.

Selasa, 1 Oktober 2019 bertempat diruang rapat utama kantor PDAM Giri Menang, sebanyak 22 peserta lintas bagian terkait mengikuti kegiatan Inhouse Training program Sertifikasi K3 Operator Diesel dengan menggandeng Fresh Consultant dan difasilitasi oleh para instruktur senior dari KEMNAKER yang sudah berkompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari yakni, 1 - 4 Oktober 2019. Kegiatan tersebut meliputi pemberian materi dasar, praktek lapangan dan membedah tuntas apa permasalahan-permasalahan yang biasa terjadi, dan di hari terakhir akan digunakan untuk ujian/test sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat K3 Operrator sekaligus penutupan.  

Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita sudah bergantung dan tetap memanfaatkan teknologi termasuk mengembangkan segala jenis aplikasi pendukung untuk keberlangsungan kinerja pada beberapa sistem yang dirasa penting.

Zaini menyampaikan kedepannya fungsi operator akan bisa dikontrol dengan menggunakan kecanggihan IT yang tersambung ke Handphone.

“kita masih sedang merancang-rancang bagaimana kedepan fungsi operator akan menggunakan IT dan bisa dikontrol melalui HP. Tentunya hal tersebut kita lakukan agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik,” Paparnya.

Selanjutnya Zaini menghimbau kepada seluruh peserta agar pelatihan ini dapat diikuti dengan benar-benar agar kedepannya dapat di implementasikan dengan baik di perusahaan. Selain itu, Pimpinan yang sudah bertengger 3 periode sebagai Direktur Utama tersebut menyerukan agar apa yang didapatkan dalam pelatihan tersebut juga dapat dijadikan sebagai keterampilan untuk menambah kreatifitas dan wawasan.

“hasil dari kegiatan ini juga bisa bapak ibu manfaatkan untuk mengasah wawasan sehingga kedepan ketika tidak lagi bekerja di PDAM atau ketika memasuki waktu pensiun, keterampilan tersebut masih bisa bapak ibu gunakan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan,” Tandasnya.

Pada kesempatan yang sama perwakilan dari Fresh Consultant menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada PDAM Giri Menang dengan telah memberi kesempatan untuknya memberikan pelatihan sertifikasi K3 di PDAM Giri Menang.