Pembukaan Audit Internal Oleh Jajaran Direksi, Tim Audit Internal, Dan Beberapa Manajer

PEMBUKAAN AUDIT INTERNAL SISTEM MANAJEMEN TERINTEGRASI OLEH DIREKTUR UTAMA PT AIR MINUM GIRI MENANG (Perseroda)

MATARAM – 12 Oktober 2020, PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) melakukan rutinitas setiap senin pagi yaitu mengadakan rapat coffee morning. Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari setiap bidang tertentu. Senin (12/10) kali ini bidang Perencanaan dan Pengembangan akan dievaluasi oleh Jajaran Direksi PT AMGM (Perseroda). Dalam rapat pagi tersebut, banyak hal yang disampaikan oleh Direktur Utama L. Ahmad Zaini, beliau mengingatkan bahwa Manajer, Asisten Manajer, sampai level staf harus sering berkoordinasi dalam hal pekerjaan. Selepas kegiatan coffee morning, Jajaran Direksi membuka kegiatan audit internal secara resmi. Kegiatan ini juga merupakan rutinitas internal yang berfungsi mengawasi dan juga mengevaluasi kinerja dari setiap bidang.

               Audit Internal ini merupakan integrasi dari sistem manajemen mutu, sistem manajemen anti-penyuapan, dan sistem kehalalan. Tentu landasan dasar dari ketiga sistem tersebut adalah integritas dalam bekerja. Zaini berharap agar tim audit untuk memaksimalkan audit internal agar evaluasi secara holistik dilakukan di setiap bidang. Hal ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi sehingga dari setiap permasalahan dapat mudah dirumuskan dan dicari jalan keluarnya. Audit Internal ini bersifat untuk melengkapi kekurangan dari setiap bidang. Audit internal juga berfungsi untuk membantu setiap bidang dalam pengelolaan data sehingga siap dalam menghadapi audit dari pihak eksternal.

               Berbasis Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Anti penyuapan, dan Kehalalan tentunya menjadi pedoman tim audit dalam melakukan inspeksi. Benang merah dari ketiga sistem tersebut adalah bagaimana suatu perusahaan mampu menciptakan landasan/pedoman kerja yang ber-asaskan, kejujuran, kedisiplinan, dan menyeluruh. Saat ini PT AMGM (Perseroda) fokus dan komitmen dalam menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 : 2016. Salah satu komitmen tersebut adalah dengan membentuk FKAP (Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan) yang berfungsi sebagai pengawas internal dalam hal tindak penyuapan.

               Dalam acara pembukaan tersebut, Zaini juga menghimbau setiap karyawannya untuk beralih dari pengelolaan data secara manual menjadi pengelolaan secara digital. Setiap data harus dapat diakses secara online. Tidak hanya data, beliau juga menghimbau seluruh karyawan untuk tertib dalam memelihara aset perusahaan.

“seluruh aset di masing-masing bagian harus tercatat dan pihak yang bersangkutan harus mengetahui kondisinya” terang Zaini.

Karyawan PT AMGM (Perseroda) diharap mampu menjadi insan yang berintegritas, disiplin, dan tertib dalam pengelolaan data baik secara manual maupun digital. Kedepannya, diharap PT AMGM (Perseroda) tetap menjaga nama baik reputasinya yaitu selalu mendapat catatan baik dari pihak audit eksternal.