VIRTUAL REALITY TOUR KE FASILITAS PENGOLAHAN AIR MINUM DI MELBOURNE WATER


Kegiatan virtual reality tour ke fasilitas pengolahan air minum di Melbourne Water

MATARAM- (Senin, 22/03) Asosiasi Air Australia (Australian Water Association) mengundang Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) dan anggotanya untuk menghadiri kunjungan virtual reality tour ke fasilitas pengolahan air minum Melbourne Water. PT Air Minum Giri Menang (AMGM) sebagai anggota dari PERPAMSI juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Kunjungan yang dilakukan secara virtual reality tour ini dikembangkan dalam rangka mengatasi keterbatasan pada masa pandemi Covid-19 untuk menggantikan kunjungan secara fisik ke lokasi.

Mewakili perusahaan, Manajer Kehilangan Air, Manajer Desain dan Mutu, Manajer Perencanaan dan Pengembangan, Manajer Distribusi dan seluruh Staf terkait hadir secara daring dari ruang rapat Utama Kantor Pusat PT AMGM. Bidang terkait yang menghadiri kegiatan ini sangat memanfaatkan kesempatan, mengingat informasi yang disajikan sangat linier dengan kebutuhan perusahaan dan kedepannya bisa dijadikan referensi untuk memberikan inovasi bagi PT AMGM.

Mr. Greg Bain selaku pemandu virtual reality tour yang juga menjabat sebagai salah satu Manajer di Melbourne Water menyatakan bahwa acara ini bisa diselenggarakan atas program kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia. Dan besar harapan agar bisa menjadi inspirasi bagi seluruh peserta dan bisa dijadikan referensi bagi perusahaan air minum di Asia Tenggara.

“ Melbourn Water has important activities, there is treating water, recycling water and managing drainage. Melbourne Water accommodates the needs of clean water for approximately 5 million peoples in the city of Melbourn. Hopefully more than 300 participants from Laos, Cambodia, Vietnam and Indonesia can benefit from this event, “ ungkapnya.

Melbourn Water merupakan Water Treatment Plant (WTP) terbesar di Australia. Jika kita bandingkan dengan kolam Olimpiade di Jepang, ukuran penampungan airnya bisa mencapai 200 kali lipat lebih besar. Dari ukuran yang sangat besar tersebut, sangat memungkinkan untuk bisa mengakomodir kebutuhan air untuk seluruh masyarakat di kota Melbourne (kota terbesar kedua di Australia)

Diakhir acara, panitia mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dan antusiasme dari seluruh peserta. Diharapkan, kegiatan ini bisa memberikan motifasi dan inspirasi bagi perusahaan air minum yang ada. Panitia juga menganjurkan kepada peserta yang ingin mendapatkan informasi lebih, bisa untuk menghubungi email dan akan direspon oleh orang-orang berkompeten dari Melbourne Water.