Workshop Verification Survey Of APBN 2016


Suasana rapat pemantapan pelaksanaan verifikasi program hibah air minum APBN TA 2016

Rapat pemantapan pelaksanaan verifikasi program hibah air minum APBN TA 2016 kali ini diselenggarakan di Hotel Golden Tulip. Mataram, Lombok. Seminar yang difasilitasi oleh CPMU tersebut dimulai pada pukul 08.30. hadir dalam acara tersebut Dirut PDAM Giri Menang, Dirut PDAM Kab. Klungkung, Dirut PDAM Kab. Karangasem, Dirut PDAM Kab. Lombok Tengah, Dirut PDAM Kab. Sumbawa Barat, Perwakilan Direktur PDAM Kab. Sika beserta Team Leader &Tenaga Ahli WH APBN 2016, PT Cardno.

pembukaan sekaligus presentasi CPMU Hibah Air Minum dan Sanitasi dilakukan oleh ketua CPMU sendiri yaitu Bapak Chandra R.P. Situmorang  diumana dalam sambutannya Chandra banyak membahas mengenai proses verifikasi oleh enumerator dan beberapa contoh kasus yang  pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Dengan perubahan regulasi dan peraturan yang diterapkan juga semakin ketat  diharapkan kedepannya tidak ada laghi kasus-kasus serupa terulang lagi.

Chandra juga mengaskan agar tidak ada lagi manipulasi data dalam pengambilan sampel masyarakat penerima bantuan. Oleh karena itu pengambilan foto keadaan rumah harus diambil dari beberapa sisi agar terlihat keadaan rumah secara utuh.

Selain Chandra ada juga presentasi dari Indonesia Infrastructure Initiative (INDII) oleh bapak Dedi Budianto dan Ibu Poppy Lestari dan team leader guna membahas mekanisme pelaksanaan verifikasi dilapangan, manual penggunaan aplikasi verifikasi, pengecekan foto verifikasi dan baseline, dan proses penerbitan berita acara verifikasi.

Diakhir acara peserta yang ikut hadir dalam acara tersebut diajak untuk bersama-sama melakukan kunjungan lapangan guna melihat bagaimana penerapan praktek pelaksanaan survey lapangan dilakukandi wilayah desa sayang-sayang.