PDAM Giri Menang Gelar Audit Internal Perusahaan


Pembukaan : Suasana pembukaan Audit Internal yang dibuka oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini

Menindak lanjuti hasil pelatihan audit internal yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh PDAM Giri Menang, selanjutnya PDAM Giri Menang menggelar audit mutu untuk perusahaan yang akan dilaksanakan per enam bulan sekali guna mempersiapkan diri dan memudahkan serta meminimalisir temuan ketika dilakukan audit oleh pihak ekstetrnal

Hadir dalam acara tersebut Bpk. Direktur Utama PDAM Giri Menang L. Ahmad Zaini yang sekaligus  membuka acara audit internal perusahaan serta peserta yang dinyatakan lulus dalam pelatihan internal audit yang diadakan beberapa waktu lalu yakni Staff Ahli, Kepala Bagian, Kepala Seksi serta beberapa staff terpilih.

Dalam sambutannya Zaini menjelaskan kegiatan ini sudah memasuki inti dari proses sertifikasi.

“Walaupun ini adalah proses audit internal. Saya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh2 dengan penuh komitmen dan dedikasi tinggi karena bagaimanapun ini adalah potret yang akan di lalui nanti oleh tim dari eksternal auditor.” Ujarnya.

Zaini juga menegaskan bahwa apa yang kita kerjakan saat ini (internal audit) juga akan dilakukan oleh eksternal auditor dimana mereka akan melakukan proses demi proses yang sama seperti yang kita lakukan.

Dalam kesempatan tersebut Dirut PDAM Giri Menag L. Ahmad Zaini juga berharapa agar program ini berjalan dengan baik dan dilakukan dengan professional, jujur dan tidak memihak untuk menggali semua sisi dari setiap bagian dan tidak ada yang ditutup-tutupi sehingga dapat memenuhi unsur-unsur yang harus dipenuhi dari proses sertifikasi ISO 9001:2008.

Dengan bekal dan modal yang didapatkan pada saat pelatihan, diharapkan peserta mampu menuangkan dan mengimplementasikannya dengan baik pada kesempatan audit mutu kali ini yang diselenggarakan dari tanggal 19-22 September 2016. Karena ketika hasil audit kita bagus, diharapkan akan meringankan beban pada saat proses dilakukannya audit oleh pihak eksternal.

Zaini juga menghimbau kepada semua peserta untuk melakukan audit dengan baik dan benar karena hal tersebut akan mempermudah kita sendiri untuk mengaudit bagian kita masing-masing.

“Tatkala kita melakukan audit dengan benar, maka pada saat kita kembali ke bagian kita masing-masing akan mempermudah kita untuk memotret bagian kita takala kita sudah memenuhi itu.”ucapnya

Di akhir sambutannya Zaini berpesan agar tetap intens melakukan diskusi dengan sesama tim auditor guna bertukar fikiran untuk menyempurnakan proses audit internal perusahaan.

“Sebesar apapun masalahanya selama bisa didiskusikan dengan tim secara terus menerus itu akan jauh lebih baik daripada ada temuan yang ditemukan oleh eksternal auditor maka dampaknya akan lebih besar.” Tutupnya.