Kegiatan menerapkan standar protokol kesehatan.

MENTERI PUPR KUNJUNGI WTP SEMBUNG MILIK PTAM GIRI MENANG

LOMBOK BARAT- Jum’at, 12 November 2021, sebuah kehormatan bagi PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) menerima kunjungan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bapak Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. ke Water Treatment Plant (WTP) Sembung, Narmada Kabupaten Lombok Barat. Disambut oleh Direktur Umum dan Keuangan Ibu Aini Kurniati yang didampingi oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat Ibu Ika Sri Rejeki, Bapak Basuki beserta rombongan meninjau langsung kondisi WTP.

Peninjauan dimulai dari masuknya air baku ke tempat pengolahan sampai dengan hasil akhir yang sudah siap di distribusikan ke pelanggan. Tidak Lupa juga Bapak Menteri memantau kinerja dari Telemetri Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) yang merupakan alat pengawasan, pengontrolan dan pengumpulan data dengan sistem kendali yang berbasis IT. Didampingi oleh Asisten Manejer Bidang Kehilangan Air Bapak Dadi Rahman, semua pertanyaan dari Bapak Menteri dijawab sesuai dengan kondisi yang ada. Mulai dari jumlah produksi, jumlah distribusi dan apa saja kendala yang terjadi di WTP Sembung ini.

Dalam diskusinya, Bapak Menteri memberikan tantangan kepada PTAM Giri Menang dalam hal upaya perusahaan untuk meminimalisir tingkat kehilangan air. Jika kedepannya bisa memberikan progress yang signifikan dalam penanggulangan kehilangan air, Kementerian PUPR akan memberikan program penambahan kapasitas produksi 150 liter/detik lagi untuk pemenuhan kebutuhan air bersih kepada PTAM Giri menang dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat.

“ PTAM Giri Menang sampai saat ini sudah memberikan pelayanan bagus untuk masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian akan memberikan reward kepada PTAM Giri Menang berupa program penambahan kapasitas produksi sebesar 150 liter/detik, jika bisa memberikan progres yang signifikan dalam hal penanggulangan kehilangan air diseluruh wilayah pelayanan” ungkap Basuki.

Tantangan dari Bapak Menteri tersebut disambut baik oleh PTAM Giri Menang. Upaya-upaya terbaik untuk bisa mengurangi angka kehilangan air tetap dilakukan. Salah satunya adalah penggantian pipa tua yang sedang dilaksanakan saat ini. Sebagaian besar kehilangan air yang dialami tersebut berasal dari pipa-pipa tua yang sangat sering mengalami kebocoran. Oleh karena itu, upaya-upaya terbaik tetap dilakukan oleh perusahaan guna bisa menjawab tantangan dari Bapak Menteri.

WTP Sembung sudah dihibahkan oleh Kementerian PUPR kepada PTAM Giri Menang pada tahun 2018. Hibah ini merupakan upaya pemerintah pusat guna bisa mengakomodir kebutuhan air masyarakat yang sampai saat ini terus meningkat. Dengan adanya WTP Sembung, kebutuhan air disebagian wilayah Kabupaten Lombok Barat, terkhusus di Kecamatana Labuapi bisa terpenuhi secara maksimal.

Dengan luas kurang lebih 3,5 ha dan dengan daya tampung hingga 150 liter/detik, WTP Sembung menjadi salah satu andalan PTAM Giri Menang untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan setia. Oleh karenanya, ini menjadi perhatian khusus pemerintah pusat sehingga kunjungan ini menjadi agenda wajib dari Kementerian PUPR. (saw)