Peluncuran Info Air Minum Mendukung Program Nasional 10 Juta Sambungan Rumah (SR)


Peluncuran Info Air Minum mendukung Program Nasional 10 Juta SR

Dalam rangka mewujudkan pencapaian target nasional penambahan 10 juta SR pada tahun 2019, Pemerintah melalui Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum telah mempersiapkan berbagai program, seperti PDAM Binaan, Penanganan Kebocoran, Center of Excellence (CoE), Pendampingan Info Air Minum, dan lain-lain. Tentunya keberhasilan program-program tersebut akan sangat tergantung dari dukungan para pemangku kepentingan di bidang air minum.

Dalam rangka mensosialisasikan program-program tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) mengundang seluruh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PSPAM Provinsi dan PDAM di Indonesia khususnya yang sudah bergabung dalam program Info Air Minum untuk hadir dalam acara tersebut.

Info Air Minum merupakan sebuah system informasi satu atap yang dikembangkan untuk memediasikan hampir setiap proses bisnis PDAM yang mengarah pada peningkatan kinerja PDAM. Info Air Minum mengintegrasikan data keuangan, SDM, teknis dan pelayanan  (hubungan langganan) untuk menghasilkan Analisa kinerja bulanan PDAM.

PDAM Giri Menang adalah salah satu PDAM yang sudah bergabung dengan Info Air Minum. Beberapa perwakilan pegawai PDAM Giri Menang juga ikut serta menghadiri kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2016 yang bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Agenda utama dalam kegiatan tersebut yakni membahas Program-program Nasional dengan metode diskusi panel, selain itu, turut dibahas juga mengenai National Urban Water and Sanitation (NUWAS) serta Monitoring Implementasi Program Nasional melalui Info Air Minum. Selain agenda utama diatas, kegiatan tersebut juga digunakan sebagai pengenalan lebih dalam mengenai Info Air Minum. Diantaranya Peluncuran Info Air Minum, Pengenalan Info Air Minum dan Contoh Pemanfaatan Info Air Minum.

Selain mampu membangkitkan kebersamaan antar sesama PDAM, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa mempermudah Direksi dalam memonitoring kinerja dan memudahkannya dalam menjalankan perusahaan dengan memanfaatkan informasi yang terintegrasi. Melakukan simulasi kinerja, melakukan Analisa untuk optimalisasi pendapatan dan efisiensi biaya serta memudahkan dalam pengambilan keputusan.