MAPAMDA PD PERPAMSI PROV. NTB HASILKAN AINI KURNIATI SEBAGAI KETUA


Infografis

MATARAM- (23/05) Pengurus Daerah (PD) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Daerah (Mapamda). Pada musyawarah kali ini, ada dua kegiatan utama yaitu pembacaan Laporan Pertanggung Jawwaban dari Ketua PD Perpamsi Prov. NTB masa bakti 2018-2022 dan pelantikan kepengurusan baru untuk masa bakti 2022-2026. Bertempat di Meeting Room PT Air Minum Giri Menang (Perseroda), PD Perpamsi NTB turut mengundang Ketua Umum Perpamsi, L. Ahmad Zaini. Kehadiran Ketua Umum pada kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan, masukan dan melantik PD Perpamsi Prov. NTB yang terpilih.

Sebagai Ketua PD Perpamsi NTB, Maman Rahman Danis yang juga menjabat Direktur Operasional PTAM Giri Menang (Perseroda) hadir untuk membacakan Laporan Pertanggung Jawaban masa bakti 2018-2022. Dihadapan seluruh Anggota PD dan Ketua Umum Perpamsi, Maman memaparkan program-program yang sudah diselenggarakan oleh PD Perpamsi Prov. NTB. Dalam penyampaiannya, Maman mengungkapkan bahwa pada era kepemimpinannya merupakan masa yang berkesan. Menjadi sebuah pengalaman dengan menyelesaikan beberapa program yang terselenggara dengan maksimal. Tentu atas andil seluruh pengurus yang sudah bisa memberikan waktu luang dan pemikirannya.

“ saya secara pribadi mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pengurus PD Perpamsi Prov. NTB masa bakti 2018-2022. Semua program kerja yang kita lakukan selama ini merupakan hasil kerja kolektif kita. Semoga pada kepengurusan berikutnya PD Perpamsi Prov. NTB tetap bisa memberikan program-program bermanfaat untuk seluruh anggota. Sehingga bisa meberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan BUMD Air Minum di wilayah Provinsi NTB, ” ungkap Maman.

Pengurus dan Anggota PD Perpamsi Prov. NTB hadir pada kegiatan ini. Diantaranya adalah PT Air Minum Giri Menang (Perseroda), PDAM Tirta Ardhia Rinjani Kab. Lombok Tengah, PDAM Kab. Lombok Timur, Perumda Batulanteh Kab. Sumbawa Besar, Perumda Air Minum Bintang Bano di Kab. Sumbawa Barat, PDAM Kab. Dompu, PDAM Kab. Bima dan Perumda Amerta Dayan Gunung Kab. Lombok Utara.

Sebagai Ketum Perpamsi Zaini memberikan arahan dan masukannya. Zaini menuturkan bahwa sampai saat ini Perpamsi Pusat akan mengayomi seluruh PD Perpamsi di daerah-daerah. Dengan program-program yang sudah disiapkan oleh Pengurus Pusat, Zaini optimis bahwa seluruh BUMD Air Minum yang ada di daerah bisa meningkatkan kinerja perusahaan.

“ PD Perpamsi Prov. NTB saat ini harus intens melakukan pembahasan terkait permasalahan yang ada diwilayahnya. PP Perpamsi saat ini sudh memiliki program unggulan yang kemudian bisa diterapkan di daerah-daerah. Salah satunya adalah pengingkatan Sumber Daya manusia melalui Training of Trainer (ToT) yang nantinya akan berdampak signifikan kepada BUMD Air Minum yang membutuhkan. Tidak menutup kemungkinan, saya bersama instansi terkait akan melakukan Road Show ke daerah-daerah agar bisa melakukan assessment dan merumuskan treatment yang akan diterapkan, ” Ujar Zaini.

Agenda penting lainnya adalah pembahasan dan penentuan PD Perpamsi Prov. NTB. Pada Mapamda kali ini, seluruh anggota sepakat memilih Aini Kurniati sebagai Ketua. Aini yang saat ini menjabat sebagai Direktur Umum dan Keuangan PTAM Giri Menang (Perseroda) didampingi oleh Resi Wahyutomo sebagai Sekretarisnya. Pada posisi Bendahara ditempati oleh Maman Rahman Danis, Wakil Ketua Kompartemen Diklat dan Sertifikasi Profesi di tempati oleh Bambang yang merupakan Direktur Perumda AM Bintang Bano. Wakil Ketua Kompertemen Advokasi, Kelembagaan dan Kemitraan ditempati oleh  Firmansyah  yang merupakan Direktur Perumda Amerta Dayan Gunung. Wakil Ketua Kompartemen SDA dan Mitigasi Bencana ditempati Bambang Supratomo (Direktur Utama PDAM Tirta Ardhia Rinjani) dan terakhir Wakil Ketua Kompartemen Infokom dan Standardisasi dijabat oleh Bambang Suprayitno yang juga selaku Direktur PDAM Lombok Timur.

Dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, diharapkan bisa mengemban amanah dengan lebih aktif dan inovatif. Beberapa waktu kedepan, PD Perpamsi Prov. NTB yang dipimpin oleh Aini akan mengadakan Rapat Kerja guna merumuskan program kerja untuk satu tahun kedepan.

Di tempat terpisah, Aini sebagai ketua terpilih mengungkapkan bahwa amanah yang diamanatkan oleh anggota PD Perpamsi Prov. NTB ini merupakan sebuah tantangan baru. Denagan mendedikasikan diri sebaik mungkin, Aini akan memberikan konrtibusinya untuk bisa membawa PD Perpamsi Prov. NTB kearah yang lebih baik lagi dengan menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

“ jabatan baru ini akan saya jalankan sebaik mungkin. Ada 8 anggota yang perlu kita treatment, sesuai arahan Ketua Umum tadi, kita sebagai pengurus daerah akan menyelaraskan program pusat sehingga kesinambungan program akan sejalan dan linier. Nanti akan kita lihat saat rapat kerja, yang pasti kita akan bekerja dengan maksimal, ” tambah Aini. (saw)